Tuesday, April 23, 2013

8 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

Mentimun itu jenis sayur atau buah? Hmmm.. apa ya yang jelas mentimun memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman mentiumun hanya hidup satu kali saja, setelah berbunga dan berbuah, tanaman ini akan mati. Biasanya dimanfaatkan oleh kita sebagai lalap atau pun pelengkap makanan tertentu. Rasanya bikin seger, selain itu uga kaya manfaat lho.

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan
Pelajari beberapa 8 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan seperti yang dikutip dari beberapa sumber berikut ini :

1. Mencegah peradangan
Mentimun memiliki khasiat mencegah timbulnya luka yang cukup serius atau peradangan. Cara mengkonsumsinya bisa langsung makan aja buah nya atau bisa di olah dijadikan rujak.

2. Melancarkan pencernaan
Buah mentimun memiliki kemampuan diuretik yang berguna membersihkan pencernaan serta mendinginkannya. Mengkonsumsi mentimun secara rutin dapat membantu melancarkan buang air kecil dan buang air besar.

3. Membantu proses penyembuhan penyakit
Di dunia medis, mentimun memiliki khasiat mempercepat proses penyembuhan penyakit-penyakit seperti paru-paru, sakit perut dan cacingan.

4. Mengurangi rasa sakit kepala
Mentimun berkhasiat mengurangi rasa nyeri ketika sakit kepala. Kandungan mentimun yaitu gula alami, vitamin gula B dan juga elektrolit yang berkhasiat menambah nutrisi penting dan mengurangi intensitas sakit kepala.

5. Kaya akan nutrisi
Mentimun memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti kandungan air, vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika. Nutrisi yang sangat banyak ini membuat mentimun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan wajah.

6. Mengatasi Jerawat
Bagi kecantikan, mentimun juga memiliki banyak manfaat diantaranya bisa dijadikan masker alami pembersih merawat dan juga menyegarkan serta menyamarkan noda hitam di bagian sekitar mata.

7. Menurunkan kolesterol
Buah mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Senyawa pada mentimun yang disebut sterol berkhasiat mengurangi kadar kolesterol.

8. Meredakan sariawan
Selain itu, buah yang berwarna hijau ini memiliki khasiat meredakan sariawan. Jadi bagi anda yang sedang mengalami penyakit sariawan, bisa mengkonsumsi mentimun.

Nah itulah tadi beberapa Manfaat Mentimun untuk Kesehatan.
Semoga bermanfaat.

Referensi :
Vemale.com
Suaramerdeka.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes