Wednesday, April 3, 2013

Akibat Jika sering Marah-marah

Akibat Jika sering Marah-marah - Setiap orang memiliki kondisi mental yang berbeda-beda. Ada yang pendiam, ramah, sabar atau pun gampang marah. Keadaan mental yang seperti itu tentu saja mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Karena kesehatan psikis seseorang akan mempengaruhi kondisi fisiknya.

Akibat Jika sering Marah-marah
Silahkan coba amati kondisi sekitar, seseorang yang hidupnya selalu ceria dan bahagia akan mempengaruhi kondisi fisik kesehatan yang lebih baik dan sebaliknya seseorang yang memiliki sikap mudah tersingguh, gampang marah, sering menyalahkan orang lain cenderung mudah stress dan ini akan mempengaruhi kondisi kesehatannya juga.

Bahkan menurut penjelasan secara medis sendiri, seseorang yang cenderung sering meluapkan emosi berlebihan dan mudah marah dapat mengakibatkan beberapa masalah penyakit serius seperti diantaranya darah tinggi dan penyakit jantung. Untuk beberapa kasus yang lebih parah lagi yaitu bisa terjadi pecahnya pembuluh darah yang dapat menyebabkan mengakibatkan kematian.

Nah berikut ini adalah beberapa macam penyakit yang diakibatkan oleh mereka yang sering marah-marah seperti yang dikutip dari duniafitness.com

Tekanan Darah Tinggi

Ketika seseorang sedang marah maka tekanan darahnya cenderung lebih cepat. Apabila terus menerus hal ini dilakukan akan mengakibatkan pembuluh darah pecah dan menyebabkan kematian.

Serangan Jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa seseorang yang sering marah-marah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu orang yang sering marah-marah cenderung mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga mudah sakit.

Gangguan Pernapasan

Para ahli menjelaskan bahwa ketika seseorang sedang marah maka detak jantung akan meningkat dratis berkali-kali lipat. Akibatnya tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak dan nafas pun tersendak-sendak, dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah-masalah sistem pernapasan.

Stress Berkepanjangan

Sering marah-marah juga dapat memicu stress. Ketika seseorang sedang marah maka pikirannya selalu negatif dan menyalahkan orang lain. Jika terus menerus kondisi psikis seperti ini akan mengakibatkan stress yang berkepanjangan. Tentu akan memicu timbulnya masalah-masalah kesehatan.

Sulit Tidur

Jika anda memiliki masalah sulit tidur atau insomnia, ada baiknya anda periksa dulu kondisi psikis anda. Hal ini bisa jadi akibat dari pikiran-pikiran negatif anda terhadap keadaan maupun orang lain. Jika terus menerus akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menurun dan mudah sakit.

Sakit Kepala

Ketika seseorang sedang marah maka tekanan darah dan detak jantung meningkat,hal ini mengakibatkan asupan oksigen ke otak juga berkurang. Hal tersebut akan membuat anda lebih sering mengalami masalah-masalah sakit kepala.

Untuk itulah, sebisa mungkin kita jauhi sikap marah yang terlalu berlebihan. Tarik nafas yang dalam dan hembuskan perlahan. Ini akan membantu anda sedikit lebih baik. Yang terpenting adalah sabar.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes