Friday, April 12, 2013

Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Bangun pagi untuk sebagian orang sudah menjadi sebuah kebiasaan dan rutinitas yang dilakukan setiap hari, namun untuk sebagian lainnya, kebiasaan ini merupakan suatu hal yang sangat sulit dilakukan. Kebiasaan tidur hingga larut malam atau begadang karena mengerjakan pekerjaan tertentu menjadi salah satu penyebabya.

Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan
Bagi anda yang punya kebiasaan bangun kesiangan tersebut sebaiknya hilangkan, karena ternyata bangun pagi membuat tubuh kita lebih sehat, pikiran fokus serta hidup menjadi lebih bahagia. Berikut ini adalah beberapa Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan seperti yang dilansir dari Inspiyr.com.

1. Tubuh Lebih sehat
Ketika kita bangun di pagi hari, kondisi udara sekitar sangat bagus sehingga kualitas oksigen. Hal ini sangat baik bagi tubuh terutama untuk meningkatkan kinerja otak, melancarkan peredaran darah, dan juga meningkatkan zar kekebalan tubuh, tubuh pun akan terasa lebih bugar dan sehat. Bangun pagi juga merupakan momen yang bagus untuk menerima paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan.

2. Lebih Bahagia
Selain sangat baik untuk kesehatan, bangun pagi juga membuat seseorang merasa lebih bahagia. Sebuah penelitian dilakukan dimana melibatkan orang yang berusia muda 17-39 tahun dengan orang yang berusia dewasa antara 59-79 tahun. Penelitian tersebut menanyakan perasaan emosional tentang kedua populasi tersebut. Hasilnya adalah mereka yang berusia lebih tua (59-79) memiliki emosi positif dibandingkan peserta usia muda (17-38). Ketika ditanya alasannya adalah jam tidur yang berbeda antara keduanya. Orang yang berusia lebih tua 59-79 tahun mempunyai jam tidur lebih lama dan bangun lebih awal daripada peserta usia muda (17-38).

3. Produktifitas Meningkat
Jam tidur yang cukup serta bangun lebih awal juga bisa meningkatkan produktifitas. Pikiran akan lebih fokus dan juga tidak tergesa-gesa sehingga pikiran lebih santai dan pekerjaan pun akan lebih menyenangkan.

4. Membangun karakter
Selain beberapa hal di atas, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa bangun pagi dapat membangun karakter. Yaitu karakter manusia yang lebih merasa optimis, tingkat kesadaran tinggi, dan mental yang lebih baik sehingga dapat menjadi sebuah modal besar dalam meraih sebuah kesuksesan hidup.

Nah, setelah membaca manfaat bangun pagi di atas, kita akan semakin sadar donk bahwa kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang sehat dan juga baik untuk kondisi mental seperti optimisme dan percaya diri sehingga hidup lebih produktif.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes