Thursday, November 15, 2012

Cara Mengatasi Flu / Pilek secara Alami

Cara Mengatasi Flu / Pilek secara Alami - Flu / Pilek adalah penyakit yang paling sering diderita oleh banyak orang. Sebagian orang bahkan berpendapat bahwa pilek adalah penyakit musiman terutama pada masa peralihan musim dimana kondisi cuaca sedang tidak menentu. Mereka menganggap bahwa pilek / flu disebabkan oleh cuaca hujan dan debu. Padahal bukan karena itu.

Flu datang disebabkan oleh sebuah virus yang bernama virus Influenza. Virus ini beterbangan di udara, menempel di benda-benda tertentu dan bisa menular dengan cepat di udara. Jika daya kekebalan tubuh kita lemah maka akan sangat rentan terkena virus ini. Jadi hujan dan debu bukanlah penyebabnya melainkan sebagai perantara virus influenza.

Berikut adalah beberapa Cara Mengatasi Flu / Pilek secara Alami :

Hirup Uap air
Caranya dengan menyiapkan air panas kemudian hirup uap airnya. Ini akan membantu mengurangi lendir dalam hidung dan mempercepat proses peyembuhan.

Minum Air Hangat
Hampir sama khasiatnya seperti tips pertama yaitu dengan memperbanyak minum air panas akan mengenerkan lendir dalam hidung.

Konsumsi Vitamin
Vitamin sangat berguna bagi tubuh. Dengan kita mengkonsumsi vitamin terutama vitamin C akan berguna sebagai suplemen untuk memerangi pilek. Selain itu vitamin akan menjadi zat antibodi bagi tubuh dalam melawan virus penyebab penyakit.

Makan makanan Pedas
Memakan makanan yang pedas akan mempercepat proses penyembuhan pilek, ketika mengonsumsi makanan pedas akan membantu membersihkan lendir dalam hidung. Anda bisa menambahkan jahe+minuman hangat dan lada untuk kuah teman santapan anda. Tapi jangan terlalu berlebihan memakan makanan pedas karena bisa mengakibatkan mencret.

Makan Bawang
Aroma bawang putih dan merah yang menyengat berkhasiat menyembuhkan pilek. Anda bisa mengkonsumsi bawang dengan menambahkan kedalam menu makan anda.

Istirahat yang Cukup
Jika flu atau pilek terasa tambah parah anda perlu menyediakan waktu untuk beristirahat.

Meninggikan bantal ketika tidur
Meninggikan bantal ketika tidur bisa mengurangi pembentukan lendir dalam hidung. Di usahakan juga agar wajah menghadap ke arah langit-langit.

Demikian tentang Cara Mengatasi Flu / Pilek secara Alami.
Semoba bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes