Tuesday, November 13, 2012

Manfaat Buah Semangka

Buah Semangka memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat diantaranya sebagai sebagai pencegah stroke, penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol dan lain-lain. Buah ini adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi, sebanyak 85% dari buah semangka adalah air. Apa saja manfaat lain yang terkandung di buah berwarna merah ini?

Semangka yang biasa kita makan sebagai penghilang dahaga ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Dalam satu buah semangka memiliki kandungan vitamin C, provitamin A, vitamin B6, dan likopen. Nutrisi-nutrisi itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja ya? Mari kita telusuri.

Kandungan likopen dalam buah yang berwarna merah seperti tomat, wortel, jambu merah, dan cerry sangat baik untuk mencegah penyakit stroke dan sebagai antioksidan. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Finlandia, bahwa dampak bagi orang yang rajin mengkonsumsi buah dengan lycopene tinggi akan menjauhkan diri dari serangan penyakit stroke. Selain itu likopen juga berfungsi mengurangi resiko kanker prostat dan penyakit jantung.

Selain likopen, buah berwarna merah dengan banyak biji ini juga mengandung vitamin C dan A yang berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah penyakit mata atau kebutaan.

Kadar air yang sangat berlimpah dan kadar gula yang sedikit dapat membantu menurunkan kolesterol dan melancarkan buang air kecil. Selain itu buah yang bernama latin Citrullus lanatus mengandung vitamin B6 yang berfungsi ini membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

Wahh, ternyata banyak sekali ya kandungan yang terdapat dalam buah yang bikin kembung ini. Semoga informasi di atas bisa memberikan wawasan baru dan bermanfaat bagi anda. Tetap jaga kebugaran tubuh kita untuk memberikan energi lebih dalam setiap aktifitas kita.

Sekian artikel tentang Manfaat Buah Semangka. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes