Saturday, January 12, 2013

Jantung Koroner Mengancam!!

Jantung koroner bukanlah penyakit yang bisa dibilang ringan, tapi penyakit ini sangat berbahaya dan dapat mengancam sewaktu-waktu. Untuk mewaspadai ancaman tersebut, yang perlu dilakukan adalah mencegah penyakit itu agar tidak dapat masuk terhadap tubuh. Tapi, tahukah anda bagaimana cara mencegah penyakit jantung koroner??

Jantung koroner sangatlah berbahaya, maka dari itu kita perlu menghindari dan mencegah penyakit tersebut agar tidak menjangkit terhadap tubuh kita. Untuk mencegah penyakit tersebut, ada beberapa langkah yang wajib perhatikan dan dilakukan. Berikut ini ada beberapa tips mencegah jantung koroner.

Cara mencegah jantung koroner!!

cara mencegah jantung koroner

  1. Lakukan olah raga secara teratur setiap hari.
  2. Melakukan olah raga tidak perlu yang terlalu berat, cukup dengan berjalan santai atau jogging selama 30 menit, tentunya kesehatan anda akan terjaga dengan baik. Anda tidak perlu berlama-lama melakukan olah raga, yang penting lakukan dengan teratur setiap hari, itu sudah cukup.
  3. Hindari kebiasaan merokok
  4. Merokok adalah penyebab terbesar timbunya penyakit ini, karena dalam batang rokok terdapat senyawa-senyawa berbahaya yang dapat menimbulkan kanker dan serangan jantung. Sebagian besar penderita jantung koroner adalah perokok aktif.
  5. Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi
  6. Jantung koroner adalah penyakit yang terjadi karena penyempitan saluran arteri koroner jantung, yang disebabkan oleh pengendapan lemak pada saluran ini sehingga menutup jalan masuknya saluran makanan untuk jantung, misalnya oksigen dan zat makanan yang dibutuhkan oleh jantung. Akibat dari itu jantung tidak dapat bekerja dengan normal, dan memunculkan keriusakan pada jantung yang biasa kita sebut serangan jantung.
  7. Aturlah berat badan anda, jangan sampai obesitas
  8. Obesitas juga menjadi faktor penyebab penyakit ini, oleh karna itu aturlah porsi makan anda, dan lakukan diet untuk jantung.
  9. Selalu kontrol tekanan darah anda
  10. Hipertensi juga menjadi penyebab penyakit jantung koroner, untuk mewaspadainya anda perlu memeriksakannya secara teratur. Jika anda pernah menderita hipertensi, secepatnya sembuhkan hipertensi anda dan cegahlah agar tidak kembali lagi.
  11. Hindari Diabetes Millitus
  12. Diabetes millitus adalah penyakit kelebihan kadar gula darah dalam tubuh. Diabetes millitus juga menjadi penyebab gejala penyakit jantung koroner.
  13. Hindari stres
  14. Stres juga menjadi salah satu penyebab penyakit jantung koroner, oleh karna itu hindari emosi tingkat tinggi, agr terhindar dari stres, cobalah bersabar dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dari beberapa tips mencegah jantung koroner tadi, ada beberapa hal yang perluu diperhatikan, yaitu faktor keturunan atau genetik dan usia tua juga menjadi resiko penderita jantung koroner, dan dua faktor tersebut tidak dapat dicegah dan dihindari. Jadi, tetaplah jaga kesehatan dan tubuh anda dengan baik agar terhindar dari penyakit yang berbahaya terutama penyakit jantung koroner.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes