Friday, May 17, 2013

Tanda-tanda penyakit diabetes

Membahas mengenai seputar tanda-tanda penyakit diabetes, dengan mengetahui akan tanda-tanda penyakit diabetes tentunya akan menjadikan anda tanggap akan penyakit diabetes ini sehingga anda dapat melakukan beberapa pencegahan yang perlu dilakukan agar penyakit diabetes ini tertanggulangi sejak dini. Dengan mengetahui akan apa saja yang menjadi tanda-tanda penyakit diabetes ini tentunya anda akan merasa waspada akan gejala yang pada umumnya muncul karena penyakit diabetes.

Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang dapat menyebabkan kematian, jumlah angka kematian yang disebabkan karena diabetes ini menjadi salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi setelah penyakit jantung. Mewaspadai akan gejala terhadap penyakit diabetes ini melalui tanda-tanda umum yang muncul ketika diabetes mempengaruhi kesehatan anda.

Penyakit diabetes merupakan salah satu gangguan terhadap kesehatan yang berbahay jika anda abaikan, diabetes merupakan gangguan terhadap pankreas yang tidak mampu bekerja untuk menghasilkan insulin yang mampu membakar kadar gula dalam darah. Akibat terjadinya gangguan atau tidak dapat bekerjanya dengan baik terhadap pankreas ini tentunya sumber energi yang terdapat pada gula akan terbuang percuma melalui air kencing.

Gangguan penyakit diabetes ini pada umumnya terbagi menjadi 2 golongan, pada golongan pertama adalah ketidak mampuan tubuh untuk menghasilkan insulin yang dilakukan oleh pankreas. Dimana kadar insulin ini tentunya diperlukan untuk menjadikan gula dalam darah menjadi energi. Diabetes golongan pertama ini biasa terjadi pada masa anak-anak dan remaja.

Diabetes golongan dua, untuk golongan penyakit diabetes ini tubuh mampu memproduksi insulin namun tidak dapat bekerja secara maksimal. Ketidak maksimalan insulin yang dihasilkan oleh tubuh ini terkait dengan obesitas dan juga pada masa kehamilan yang dapat berlanjut ketika lanjut usia. Dimana kadar gula yang terdapat dalam darah akan merusak pembuluh darah bahkan dapat pula merusak sistem saraf yang ada pada beberapa organ vital.

Tanda-tanda penyakit diabetes yang umum sering dijumpai adalah;
Tingkat intensitas buang air kecil yang cukup tinggi, pada umumnya perasaan ingin selalu buang air kecil menjadi tanda-tanda penyakit diabetes yang perlu anda waspadai. Pada saat melakukan buang air kecil, jumlah air seni biasanya lebih banyak ketimbang tubuh dalam kondisi normal.
Tanda-tanda penyakit diabetes berikutnya adalah turunnya berat badan yang cepat walaupun tidak sedang melakukan program diet. Hal ini perlu diwaspadai jika anda makan dalam jumlah seperti biasanya namun berat badan anda turun secara drastis maka anda perlu mewaspadainya sebab dengan menurunnya berat badan yang drastis tersebut menjadi salah satu dari tanda-tanda penyakit diabetes.

Bagi penderita diabetes biasanya tidak mampu melakukan pekerjaan yang cukup berat atau lebih mudah merasa capek. Hal ini disebabkan karena kadar gula yang terdapat dalam darah tidak mampu dijadikan sebagai energi oleh tubuh karena pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh darah untuk menjadikan gula sebagai sumber energi atau tidak dapat bekerja dengan baik insulin  yang dihasilkan oleh pankreas sehingga tubuh merasa kekurangan energi.

Tanda-tanda penyakit diabetes berikutnya yang juga perlu anda waspadai adalah nafsu makan yang cukup tinggi dan sering merasa lapar namun berat badan tidak bertambah. Selain rasa lapar yang cukup tinggi, tanda-tanda diabetes juga bisa terjadi rasa haus yang berlebihan pula.

Tanda-tanda penyakit diabetes juga bisa diketahui melalui tubuh yang tidak bergairah, lesu dan tidak bersemangat dan juga sering mengantuk. Rasa nyeri dan kesemutan pada pergelangan bisa juga merupakan tanda-tanda penyakit diabetes.

Tanda-tanda penyakit diabetes yang sering ditemui adalah kulit dapat dengan mudahnya terinfeksi, bahkan ketika kulit mengalami luka biasanya luka tersebut lebih sulit untuk mengering bahkan sulit untuk disembuhkan.

Selain beberapa tanda-tanda penyakit diabetes secara umum seperti yang telah dikeumakan diatas tentunya masih terdapat beberapa tanda-tanda penyakit diabetes lainnya yang perlu anda waspadai agar penanganan penyakit diabetes ini dapat anda tanggulangi sejak dini.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes