Monday, December 31, 2012

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips menjaga kesehatan ginjal untuk menghindari anda dari penyakit gagal ginjal maupun batu ginjal, tips menjaga kesehatan ginjal agar ginjal tetap sehat dan bekerja maksimal sebagaimana mestinya. Ginjal pada tubuh merupakan salah satu organ penting yang harus tetap dijaga kondisi kesehatannya, ginjal memiliki fungsi yang amat penting dalam tubuh. Selain berfungsi sebagai pembuang racun dan menyaring kotoran yang terdapat dalam darah, ginjal juga membantu tubuh mempertahankan keseimbangan komposisi cairan yang terdapat dalam tubh manusia. Disamping itu juga ginjal memiliki fungsi untuk mengeluarkan hormon untuk membantu memproduksi pembentukan sel darah merah.

Ginjal juga berperan membantu kestabilan tekanan darah sekaligus menjaga detak jantung tetap stabil. Dengan fungsinya yang banyak sekali yang membantu dikehidupan manusia tentunya ginjal ini menjadi rentan sekali terhadap gangguan, kurang mengontrolnya anda terhadap makanan maupun minuman yang anda konsumsi dapat berakibat fatal pada kesehatan ginjal ini.

Bila ginjal mengalami gangguan tentunya beberapa tindakan medis perlu anda jalani, hal yang paling terjadi akibat gangguan ginjal ini adalah terjadinya gagal ginjal. Bila seseorang telah mengalami gangguan gagal ginjal tentunya tindakan medis yang dilakukan adalah dengan rutin menjalani cuci darah. Proses cuci darah tersebut juga tentunya tidak membutuhkan biaya yang kecil. Oleh karena itu hal yang terpenting dalam hidup ini tentunya dengan selalu menjaga kesehatan terutama menjaga kesehatan ginjal.

Tips menjaga kesehatan ginjal dapat melalui beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat anda terpkan dalam menjalan kehidupan sehari-hari;

Perbanyaklah mengkonsumsi air putih, 70% dari tubuh manusia terdiri dari air. Tidak terpenuhinya kebutuhan akan air tersebut tentunya mengakibatkan sel tidak dapat bertahan hidup. Dimana sel tersebut tentunya menjaga metabolisme disetiap kehidupan dan menjalani prosesnya dalam tubuh. Minum air putih ini tentunya menjadikan ginjal lebih sehat, karena proses pembuangan racun yang terdapat dalam darah dapat lebih memperingan kerja ginjal.

Sebaiknya anda mengurangi makanan yang terlalu asin, tingginya senyawa kimia yang terdapat dalam garam ini tentunya dapat menguapkan kadar air dalam darah. Dengan kata lain kandungan air yang terdapat dalam tubuh akan berkurang dengan sendirinya karena terserap oleh senyawa kimia yang terdapat dalam garam.

Hindari minuman beralkohol, tips menjaga kesehatan ginjal yang perlu anda lakukan adalah dengan megurangi bahkan meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol. Biasanya dengan mengkonsumsi minuman beralkohol ini seseorang akan lebih mudah atau terlalu sering buang air kecil. Seringnya melakukan buang air kecil tentunya lebih memaksakan air yang terdapat dalam tubuh menjadi terkuras dan tubuh menjadi kekurangan cairan.

Mulailah menerapkan pola hidup sehat untuk membantu menjaga kesehatan ginjal anda, melakukan rutin berolahraga yang membantu memperlancar peredaran darah. Cukupi kebutuhan tubuh akan istirahat, mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang. Hindari merokok, hindari mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mengakibatkan kecanduan. Hindari makanan tinggi lemak yang dapat mengakibatkan kolesterol jahat pada darah semakin menginggi.

Dalam menjalani tips menjaga kesehatan ginjal ini tentunya harus dilakukan sejak dini, menerapkan pola hidup sehat dalam keluarga dan menjadikannya suatu kebiasaan baik tentunya memberikan manfaat lebih bagi kesehatan anda.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes