Thursday, December 27, 2012

Tips menjaga kesehatan mata


Tips menjaga kesehatan mata untuk menghindari anda dari gangguan penyakit mata yang dapat membahayakan, tips menjaga kesehatan mata melalui langkah-langkah yang perlu anda perhatikan dalam menjaga kesehatan mata secara umum. Berdasarkan sumber dari WHO bahwa sedikitnya terdapat 180 juta orang mengalami gangguan terhadap penglihatan, dan terdapat didalamnya sekitar 7 juta orang mengalami kebutaan setiap tahunnya. Padahal melalui data tersebut gejala awal kebutaan yang dialami dapat dicegah atau dihindari sebelum menimbulkan kebutaan.

Berdasarkan data tersebut maka sebaiknya mulailah menjaga kondisi kesehatan sejak dini agar tentunya dapat terhindari dari masalah fatal pada mata seperti kebutaan dikemudian hari. Untuk mencegah kebutaan sebaiknya anda mengetahui beberapa tips menjaga kesehatan mata berikut ini;

Hilangkan kebiasaan merokok
Merokok selain dapat mengganggu kesehatan seperti penyakit jantung dan bahaya penyakit lainnya ternyata dengan merokok memiliki dampak yang merugikan bagi kesehatan mata. Keterkaitan antara merokok dengan gejala awal kebutaan seperti katarak, degenerasi makula, kerusakan saraf optik bahkan bagi perokok dapat menimbulkan sindrom mata kering. 

Kontrol tekanan darah dan kadar gula anda
Kondisi tekanan darah yang tinggi atau hipertensi dapat memicu terjadinya gangguan saraf penglihatan mata yang dapat menimbulkan kebutaan. Tekanan darah yang tinggi tentunya memicu kerusakan pada retina mata yang gejala awalnya muncul terjadinya gangguan pada penglihatan.
Diabetes merupakan salah satu sumber penyebab gejala kebutaan bagi orang dewasa. Kadar glukosa darah yang cukup tinggi dapat berlanjut sehingga menyebabkan retinopati diabetik serta komplikasi mata lain seperti glaukoma dan katarak. Bagi anda penderita diabetes, dianjurkan kepada anda agar mengkonsumsi makanan sehat, selalu memeriksakan kadar gula darah dengan rutin juga mengkonsumsi obat atau menjalani pengobatan melalui suntikan insulin yang diberikan oleh dokter.

Cukupi kebutuhan akan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata
Tips menjaga kesehatan mata yang penting anda lakukan adalah mencukupi kebutuhan akan nutrisi yang diperlukan bagi mata untuk selalu menjaga kesehatan indera penglihatan ini. Cukupi dengan makanan atau buah yang tinggi antioksidan, antioksidan itu sendiri berfungsi untuk memperbaiki sel mata maupun sel-sel yang terdapat pada tubuh secara menyeluruh yang mengalami gangguan terhadap radikal bebas. Biasanya sayuran dan buah yang memiliki warna cerah memiliki kandungan kaya akan antioksidan.
Selain mengkonsumsi buah dan sayur tinggi antioksidan, mencukupi kebutuhan akan vitamin A juga dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan mata pada umumnya. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A ini dapat mencegah anda dari rabun senja. 

Lindungi mata anda dari pengaruh sinar matahari
Pancaran sinar ultraviolet yang terdapat pada matahari bukan hanya mengganggu kesehatan kulit, sinar ultraviolet juga dapat mengganggu kesehatan mata anda. Jika sinar ultraviolet masuk pada retina mata maka tentunya kesehatan dari retina itu sendiri akan mengalami gangguan yang mengakibatkan terjadinya gangguan terhadap penglihatan. Untuk melindungi mata dari gangguan sinar ultraviolet jika anda beraktifitas diluar ruangan sebaiknya gunakan kaca mata yang membantu mencegah tembusnya sinar ultraviolet pada mata anda, atau anda dapat menggunakan penutup kepala seperti topi yang juga dapat menghindari sinar matahar secara langsung bagi mata anda.

Kenakan pelindung mata
Bagi anda yang memiliki jenis pekerjaan yang berbahaya, sebaiknya selalu kenakan pengaman mata anda selama bekerja. Atau bagi anda yang sering mengendarai sepeda motor lindungilah juga mata anda dengan menggunakan helm yang memiliki kaca untuk pelindung mata anda dari debu maupun kotoran.

Biasakanlah melakukan sesuatu yang berguna bagi mata
Selain penyebab dari kebutaan atau gangguan kesehatan mata berkaitan dengan efek dari penuaan gangguan penglihatan ini juga dapa diakibatkan dari kebiasaan anda sehari-hari. Bagi anda pekerja yang berhadapan langsung dengan monitor komputer tentunya memiliki resiko lebih besar bagi kesehatan mata anda. Istirahatkanlah mata anda dengan cukup atau selingi disaat anda bekerja dengan mengistirahatkan sejenak mata anda dari layar monitor tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa rileks pada otot-otot mata dari kelelahan.

Lakukanlah pemeriksaan secara teratur
Periksakan kondisi kesehatan mata anda secara rutin dan berkala pada dokter mata untuk mengetahui apakah terdapatnya gangguan pada mata anda. Jangan sungkan untuk mengajukan beberapa keluhan yang mungkin anda dapatkan dalam penglihatan anda selama ini. Dengan selalu memeriksakan secara rutin tentnya anda dapat mengontrol kesehatan mata anda dan tentunya dapat menghindari anda dari masalah serius pada mata yang bisa saja berakibat fatal dikemudian hari.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes