Saturday, December 22, 2012

Waspada Gejala Penyakit Jantung Sejak Dini

Awal gejala penyakit jantung umumnya tidak pernah dimengerti oleh sebagian para penderita gejala penyakit jantung dan selalu diabaikan, tanpa ada penanganan kusus dari penderita maupun dari keluarga dan teman dekat,sehingga penyakit jantung yang awalnya hanya gejala, maka dengan cepat penyakit tersebut berkembang dan sampai menjadi kronis.Jadi untuk penderita yang mau peduli akan kesehatan jantungnya,tentu penderita harus selalu waspada akan gejala penyakit jantung yang seringkali dianggap bukan gejala penyakit jantung.


gejala penyakit jantung

Tanda-tanda penyakit jantung atau khususnya mengenai pembuluh darah koroner adalah gejala dan keluhan pembuluh arteri koroner yang terhambat atau pun menyempit.Sebenarnya gejala penyakit jantung itu berbeda-beda pada setiap orang. Untuk itu tiap orang sebaiknya tahu tengtang gejala apa saja yang mengindikasikan gejala penyakit jantung, karena suatu gejala bisa saja berbeda dari yang lain.

Biasanya gejala awal penyakit jantung dapat dirasakan jika dalam kondisi normal anda melakukan aktivitas ringan misalnya naik tangga atau jalan pendek, tapi anda merasakan tiba-tiba sesak nafas dan anda mudah lelah,mungkin itu adalah awal gejala penyakit jantung. Jadi, sebaiknya anda secepanya memeriksakan diri anda ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda gejala penyakit jantung :
  1. Merasakan sering susah bernafas atau sesak nafas, karna darah dari paru-paru kurang dapat di pompa oleh jantung, maka darah menumpuk di pembuluh darah paruu dan merembes ke aveoli. Akibatnya fungsi paru-paru akan terganggu dan penderita gejala penyakit jantung ini akan kesulitan untuk bernafas.
  2. Rasa Tidak Nyaman dan sakit pada tubuh Bagian Atas. Rasa sakit  dan tidak enak pada bagian atas tubuh ini bisa dipersepsikan sebagai rasa sakit, berat dan tidak nyaman di daerah punggung, leher, lengan, pinggul, bahu, siku, rahang, tenggorokan hingga daun telinga juga berhubungan dengan penyakit jantung. Tapi tentu saja rasa tidak nyaman di daerah itu belum tentu juga gejala penyakit jantung. Makanya juga diperlukan beberapa jenis pemeriksaan jantung yang lebih lengkap lagi untuk menegakkan diagnosa sakit jantung.
  3. Gangguan Pada Saluran Perncernaan. Ada hubungan yang sangat erat antara masalah pencernaan dengan jantung. Ketika kita sering merasa sakit perut dan mual-mual tanpa sebab yang jelas, bisa jadi itu pertanda ada masalah di jantung. karena bila memang ada gejala penyakit jantung pada bagian inferior maka gejalanya seringkali ada pada pencernaan karena memang berdekatan dengan organ pencernaan tersebut. Ketika serangan jantung (myocardial infarction) berlangsung, otot-otot jantung akan mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Dan tidak seperti jaringan yang lain, otot jantung tidak dapat mengalami regenerasi. Karena itu semakin lama serangannya dan tidak segera ditangani, maka semakin banyak juga kerusakan permanen pada otot-otot jantung dan bahkan jika terus dibiarkan dapat mengalami kematian.
gejala awal penyakit jantung

Tanda gejala penyakit jantung lainnya adalah Angina (chest pain) / nyeri dada dan juga aritmia. pengertian aritmia atau disritmia adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan kondisi berupa gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan palpitasi (denyut jantung yang abnormal). 

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan untuk sekedar informasi bagi anda yang membutuhkan, semoga anda para pembaca tidak akan mengalami gejala penyakit jantung.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes