Saturday, February 16, 2013

Cara menjaga kesehatan ginjal


Cara menjaga kesehatan ginjal yang perlu anda lakukan agar ginjal tetap terjaga kesehatannya dan berfungsi dengan baik, cara menjaga kesehatan ginjal ini penting untuk kita ketahui dan kita lakukan dimana ginjal memiliki peranan penting bagi tubuh kita. Kurang berfungsinya ginjal karena beberapa pengaruh tentunya ginjal akan mengalami gangguan yang dapat berakibat fatal.

Ginjal merupakan salah satu organ yang terdapat dalam tubuh yang memiliki peranan penting bagi kehidupan kita. Kerja ginjal sebagai pembersih darah yang membuang zat berbahaya yang terdapat dalam darah yang mengalir dalam tubuh. Jika ginjal mengalami kerusakan tentunya darah yang telah tercampur dengan racun ataupun zat berbahaya yang seharusnya dapat tersaring melalui ginjal dan membuangnya melalui buang air kecil tidak dapat dilakukan oleh ginjal karena ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau mengalami gangguan kesehatan pada ginjal.

Terdapat banyak cara mudah dan sederhana yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal ini. Hal penting yang harus diingat adalah seharusnya kita sadar benar akan manfaat dan fungsi ginjal pada tubuh. Dengan sadar akan menjaga kesehatan ginjal tentunya cara menjaga kesehatan ginjal akan lebih mudah dilakukan.


Perbanyaklah Minum Air Putih
Dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak setiap hari tentunya akan menjaga kondisi kesehatan ginjal kita. Dengan adanya asupan air putih yang cukup tentunya akan membantu memperingan kerja dari ginjal. Zat berbahaya yang terdapat dalam darah tentunya akan mudah larut dalam air yang untuk selanjutnya dibuang melalui air seni. Kondisi kurang minum tentunya ginjal akan bekerja lebih berat lagi dalam melakukan proses penyaringan zat berbahaya karena tidak dibantu dengan pelarutan yang seharusnya dilakukan oleh air.

Berat badan
Jagalah kondisi berat badan anda dalam berat badan yang ideal, gangguan yang sering dialami oleh penderita gagal ginjal ataupun batu ginjal serta gangguan terhadap ginjal lainnya adalah karena faktor kelebihan berat badan. Dengan berat badan yang berlebih tentunya membuat metabolisme tidak seimbang, dengan ketidak seimbangan terhadap metabolisme tersebut biasanya mengganggu kerja dari ginjal.

Kontrol tekanan darah
Jaga dan kontrol tekanan darah anda kedalam batas normal, tekanan darah tinggi juga dapat memicu dan mengganggu kesehatan dari kerja ginjal. 

Berolahraga secara rutin
Berolah raga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ginjal, dengan melakukan olahraga tentunya aliran darah menjadi lebih lancar sehingga seluruh darah yang dipompa oleh jantung dapat tersaring oleh ginjal sebagai pemroses pembuangan zat berbahaya yang terdapat dalam darah.

Hindari merokok
Merokok selain berdampak bahaya bagi kesehatan jantung dan paru-paru, ternyata memiliki resiko terhadap gangguan ginjal. Dengan memasukan asap rokok yang memiliki racun tentunya akan menambah jumlah racun dalam darah dan semakin membuat ginjal bekerja lebih ekstra berat lagi. Terlalu beratnya tugas dari ginjal ini dengan membuang racun yang terdapat pada rokok tentunya akan dengan mudah mempengaruhi kondisi kesehatan dari ginjal itu sendiri.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi tentunya membantu memberikan tubuh antioksidan untuk menangkal segala racun maupun radikal bebas yang terdapat dalam darah. Dengan adanya antioksidan melalui makanan yang kita konsumsi tentunya akan lebih meringankan kerjad dari ginjal.

Hindari garam berlebih
Garam maupun sodium merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan tentunya akan menimbulkan gangguan terhadap kesehatan seperti ginjal ini. kandungan mineral yang terdapat pada garam dan sodium tentunya dapat membentuk kristal-kristal garam yang memicu batu ginjal.

Perbanyak buah dan sayur
Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur pada asupan makanan anda sehari-hari. Dengan mengkonsumi buah dan sayur tentunya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita dan secara langsung akan menjaga ginjal tetap dalam kondisi yang prima.

Selain beberapa cara diatas yang dapat kita lakukan dalam melakukan cara menjaga kesehatan ginjal tentunya masih terdapat berbagai macam cara mudah lainnya dalam melakukan cara menjaga kesehatan ginjal ini. yang terpenting adalah menjaga kesehatan ginjal itu harus dimulai dari kesedaran akan pentingnya fungsi ginjal bagi kehidupan ini.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes