Sunday, February 24, 2013

Suka Berbohong Bikin Tubuh Mudah Sakit

Suka Berbohong Bikin Tubuh Mudah Sakit
Jujur merupakan salah satu sikap mulia yang harus dimiliki setiap manusia. Namun faktanya, tidak semua orang termasuk kita yang selalu jujur, kita sering tidak jujur baik itu bagi diri sendiri maupun orang lain. Padahal sikap jujur memberikan manfaat yang begitu banyak bagi hidup entah itu dalam bisnis, mencari teman, dan sebagainya. Penelitian membuktikan bahwa orang yang sering berbohong memiliki kondisi tubuh yang rentan sakit dibandingkan mereka yang berkata selalu jujur.

Salah satu sikap anak-anak yang mesti ditiru yaitu kejujuran. Mereka selalu jujur dengan apa yang diucapkannya. Mereka hidup begitu riang dan bahagia lepas tanpa beban ketika berkata-kata, berbeda dengan orang yang tidak jujur atau selalu berbohong yang selalu mencari-cari alasan dalam setiap perkataan.

Penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association seperti yang dikutip dari Newsmaxhealth mengungkapkan bahwa mereka yang jarang berbohong memiliki kondisi fisik dan pikiran yang lebih baik daripada mereka yang suka berbohong. Dalam kata lain bisa disebut bahwa 'jujur itu menyehatkan'.

Dalam penelitian tersebut setidaknya melibatkan 110 orang yang berusia 18-71 tahun. Mereka di bagi dalam dua kelompok berbeda. Kelompok pertama diminta agar selalu berkata jujur sementara kelompok kedua tidak diberi instruksi apa pun. Semua relawan menjalani tes kebohongan dengan mesin detektor, tes kesehatan dan penilaian hubungan untuk mengukur seberapa banyak kebohongan yang dilakukan.

Salah satu kepala penelitian, Anita Kelly mengungkapkan bahwa "ketika jumlah kebohongan mereka berkurang, kondisi kesehatan mereka meningkat dan sebaliknya ketika jumlah mereka yang berbohong naik kondisi kesehatan turun dan cenderung memiliki kondisi fisik yang kurang baik." ucap Anita yang juga seorang profesor psikologi di University of Notre Dame, Indiana.

Penelitian tersebut memberikan kita agar selalu memelihara sikap jujur dan sebisa mungkin menghindari kobohongan karena suka Berbohong bikin Tubuh Mudah Sakit.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Mengatasi Galau dengan Buah Pisang?

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes