Thursday, March 21, 2013

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Cegukan merupakan hal lumrah yang di alami oleh setiap manusia. Memang kadang sangat menggangu dan membuat tidak percaya diri karena bicara menjadi terpotong-potong. Selain dialami oleh orang dewasa cegukan juga sering di alami oleh seorang bayi. Jika cegukan hanya sekali dua kali mungkin tak masalah, namun apa jadinya jika cegukan itu berkali-kali sehingga membuat sang bayi kecapean dan kadang rewel.

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi
Cegukan pada dasarnya merupakan sebuah aktifitas kejang otot. Kejang otot tersebut terjadi dalam diafragma sehingga kehadirannya menghalangi perjalanan udara dari trakea. Ketika anda bernapas, udara akan melewati bagian diafragma yang kejang tersebut, akibatnya terjadilah peristiwa yang bernama cegukan.

Bagi orang dewasa cegukan bisa diatasi dengan cara meminum banyak air, menahan nafas sejenak, atau bisa juga dengan mengagetkannya. Namun tentu pada bayi kadang sulit sekali menghilangkan cegukan ini. Namun anda tak usah khawatir, berikut ini adalah Cara-cara Mengatasi Cegukan pada Bayi seperti yang dikutip dari Sidomi.com.

1. Beri minum cukup
Bagi bayi yang masih menyusui, ibu bisa menyusuinya. Ubahlah posisi-posisi bayi ketika menyusui sampai cegukannya hilang.

2. Sendawa
Cegukan juga bisa dihilangkan dengan cara bersendawa. Untuk bayi, caranya dengan mennepuk-nepuk perlahan punggung bayi dengan posisi anda peluk. Hal ini akan membuat gas yang di dalam perutnya keluar, dan menghilangkan cegukan.

3. Pijat Punggungnya
Cara lainnya yaitu dengan memijat-mijat punggungnya perlahan-lahan dengan maksud menenangkannya. Usap-usap secara perlahan di bagian punggunya sehingga bayi tak kaget setiap kali dia cegukan.

4. Memberinya makan
Untuk beberapa kasuss, cegukan mungkin terjadi akibat masalah lambung. Ketika disuapi dengan beberapa makanan, ini akan mengurangi cegukan sang bayi. Namun jika sudah beberapa menit cegukan belum berhenti juga, hentikan memberinya makan.

Nah itulah tadi beberapa Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes