Wednesday, March 20, 2013

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak
Menjaga kesehatan gigi dan gusi harus dimulai sejak usia dini. Kebiasaan baik dalam menggosok gigi yang teratur bagi anak-anak dapat menanggulangi serangan penyakit gigi dan gusi dan masalah-masalah gigi lainnya yang membuat anak anda harus berhadapan dengan dokter.

Mengajarkan anda cara merawat gigi yang baik sejak masih anak-anak yaitu dengan rajin menggosok gigi dan floashing setiap hari akan membuat anak anda terhindar dari penyakit gig di masa depan. Untuk itulah, mumpung usia anak-anak kita masih dini ada baiknya kita mengajari cara membersihkan dan merawat gigi dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa Tips mengenai Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak :

1. Lakukan kebiasaan menggosok gigi sedini mungkin (pagi hari dan sebelum tidur)

Mengajari anak anda memiliki kebiasaan menggosok gigi akan membuat hal ini terasa biasa pada nantinya. Kalau sudah biasa anak-anak tanpa di suruh pun akan melakukan dengan sendirinya. Untuk itulah mulai sekarang mari ajari anak kita untuk selalu rajin menggosok gigi.

2. Gunakan pasta gigi yang berFlouride

Kandungan flouride dalam pasta gigi membantu mencegah dan mengendalikan kerusakan gigi. Setelah gigi susu muncul pada anak anda (biasanya di usia 6 bulan) anak anda harus mulai di ajarkan menggosok gigi dengan sikat gigi khusus. Jika anak anda berusia di bawah 3 tahun, gunakan pasta gigi yang berfloride dengan kadar 1000 ppm fluoride. Sementara untuk anak usia 3-6 tahun gunakan pasta gigi dengan kadar flouride 1350-1500 ppm. Pastikan juga agar anak anda menghindari mungkin menjilat atau memakan pasta gigi.

3. Ajarkan cara menyikat gigi yang benar
Dalam menyikat gigi pun orangtua setidaknya harus mengajarkan cara-cara menyikat dengan benar. Karena jika caranya salah nanti akan menjadi kebiasaan dan sulit di ubah. Ajarilah cara menyikat gigi yang baik dan benar, tidak usah dengan teknik yang rumit. Cukup dengan teknik atau cara memegang dan menggosokan sikat pada gigi.

4. Floasing
Floashing merupakan teknik membersihkan gigi dengan benang gigi. Ini adalah salah satu cara membersihkan gigi dengan efektif. Dengan cara ini sisa-sisa makanan yang nyangkut di gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi bisa dibersihkan dengan sempurna. Alangkah baiknya bila kebiasaan flossing ditularkan kepada anak-anak sejak dini, agar kebiasaan ini terbawa hingga mereka besar.

5. Hindari makanan yang dapat merusak gigi.

Bagi anak-anak adalah masa dimana sedang lahapnya makan. Hindari anak-anak anda terlalu banyak makan cokelat, permen, dan makanan lain yang merusak gigi. Mengkonsumsi buah dan sayuran mentah, keju non-olahan , susu dan yogurt, merupakan pilihan makanan sehat yang bisa dimasukkan kedalam menu makanan anak untuk kesehatan mulut yang baik.

6. Periksa ke dokter gigi secara rutin.

Biasakanlah untuk secara rutin memeriksakan gigi anak-anak anda ke dokter gigi. Ini menanggulangi timbulnya masalah-masalah gigi bagi anak-anak anda nantinya.

Nah itulah tadi Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes