Wednesday, March 27, 2013

Cara Mengatasi Uban secara Alami

Cara Mengatasi Uban secara AlamiUban atau rambut putih memang sangat identik dengan seseorang yang sudah lanjut usia, namun kadang pula tak jarang orang yang masih berusia muda pun memiliki masalah rambut putih ini. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi munculnya uban secara dini yaitu, faktor genetik, stress berkepanjangan atau pun faktor kesehatan seperti kurang darah , kurang gizi, serta gangguan metabolisme tubuh dapat memepengaruhi munculnya rambut beruban secara dini.

Faktor usia yang sudah berumur di atas 30an biasanya memiliki sistem metabolisme tubuh yang sudah menurun. Ini akan berakibat berkurangnya produksi pigmen dalam folikel rambut (bagian akar rambut yang berbentuk kantong, biasa disebut juga dengan kantong rambut). Dan dalam beberapa kasus, stress berkepanjangan juga bisa mengurangi pigmen dalam folikel rambut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Duke University, North Carolina, Amerika Serikat menjelaskan bahwa faktor stress atau tekanan hidup menjadi salah satu pemicu munculnya uban lebih dini. Penelitian ini menunjukan bahwa stress memicu tubuh memproduksi zat perusak DNA, yang bisa mengakibatkan perubahan fisik, salah satunya dari warna rambut atau rambut beruban

Karena rambut beruban ini bersifat genetik makanya sampai saat ini memang belum ada obat medis yang mampu mengobatinya, salah satu cara yang sangat praktis dan mudah adalah dengan cara menggunakan pewarna rambut. Namun efek dari bahan-bahan kimia yang terkandung dalam zat pewarna rambut tersebut sangat berbahaya bagi pemakainya.

Cat rambut memiliki booster untuk peroksida, dan dalam jumlah tertentu pasti juga mengandung merkuri. Walau pun kadar merkuri tidak cukup banyak namun apabila terus di pakai maka akan menumpuk dan menimbulkan beberapa masalah seperti terasa pusing dan lain-lain.

Salah satu cara yang aman adalah dengan cara pengobatan alternatif dengan bahan-bahan alami penghitam rambut. Simaklah tips mengatasi rambut beruban berikut ini menggunakan cara-cara alami.

1. Biji Pepaya
Pada zaman dahulu kala, para raja menggunakan bahan-bahan alami pewarna rambut seperti biji pepaya. Caranya dengan menyangrai terlebih dahulu biji pepaya, kemudian tumbuk sampai halus dan tambahkan minyak kelapa. Olesi ke seluruh bagian rambut dan lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

2. Daun Rambutan
Daun rambutan juga dipercaya sejak dahulu kala akan manfaatnya dalam menghitamkan rambut secara alami. Caranya dengan menumbuk halus daun rambutan, lalu tambahkan air, saring dan air perasan tersebut bisa diaplikasikan pada rambut, lantas dibilas dengan air.

3. Teh Basi
Teh basi mengandung zat polifenol yang berguna sebagai "makanan pigmen" artinya jika pigmen rambut sudah aktif maka perlu dilakukan perawatan supaya pigmen yang telah aktif dapat kembali lemah akibat paparan polusi , asap rokok, dan zat kimia berbahaya lainnya. Memakai teh basi ini juga dapat mengurangi racun yang menumpuk di rambut yang bisa menyebabkan uban dini. Caranya dengan mendiamkan air teh selama satu hari. Kemudian esok harinya gunakan untuk keramas.

4. Konsumsi makanan yang mengandung tembaga
Makanan yang mengandung tembaga sangat dibutuhkan untuk memproduksi melanin. Kekurangan produksi melanin dalam tubuh akan membuat uban muncul. Dengan banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tembaga untuk produksi melanain seperti kerang, kepiting dan biji bunga matahari akan mengatasi rambut beruban anda.

Nah itulah tadi beberapa tips Cara Mengatasi Uban secara Alami.
Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes