Tuesday, March 19, 2013

Ciri Ciri Gejala Penyakit Lupus Dan Cara Pengobatannya

Ciri Ciri Gejala Penyakit Lupus Dan Cara Pengobatannya


penyakit lupus

======================================

Apa Itu Penyakit Lupus:

Penyakit Lupus atau Erythematosus adalah penyakit kronis yang berlangsung dikarenakan produksi antibodi atau zat kekebalam tubuh yang terlalu berlebih. Penyakit Lupus terhitung penyakit autoimun dikarenakan pada waktu terkena penyakit lupus, tubuh dapat membuahkan antibodi yang sesungguhnya untuk melenyapkan kuman atau sel kanker yang ada di tubuh, tetapi didalam situasi autoimun, antibodi tersebut nyatanya mengakibatkan kerusakan organ tubuh sendiri. sisi dari organ tubuh yang kerap dirusak yaitu : ginjal, sendi, kulit, jantung, apru, otak, serta sistem pembuluh darah. makin lama sistem perusakan berlangsung, makin berat rusaknya organ tubuh.

======================================

Gejala Penyakit Lupus ( Ciri ciri penyakit lupus )

Gejala awal yang biasanya muncul pada penderita penyakit ini adalah adanya kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi . Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan , rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Gejala-gejala penyakit dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) alias Lupus. Eritomatosus artinya kemerahan. sedangkan sistemik bermakna menyebar luas keberbagai organ tubuh. Istilahnya disebut LES atau Lupus. Gejala-gejala yang umum dijumpai adalah:

* Mudah mengalami gangguan pencernaan dan kulit peka terhadap sinar matahari yang sehingga mudah gosong.

* Badan terasa lemah, dan terasa kelelahan yang berlebihan yang disertai pegal-pegal bahkan demam

* Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.

* Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit lupus ini

* Sering mengalami kerontokan pada rambut dan rendahnya trombosit

========================================

Penyebab penyakit lupus

Hingga saat ini para peneliti dalam bidang dermatologi masih meneliti lebih lanjut tentang penyebab penyakit lupus, siapapun dapat menderita penyakit ini tidak dibatasi oleh usia dan jenis kelamin, bersifat genetik namun menurut perkiraan para ilmuwan bahwa hormon wanita (hormon estrogen) mungkin ada hubungannya dengan penyebab penyakit lupus karena dari fakta yang ada diketahui bahwa 9 dari 10 orang penderita penyakit lupus adalah wanita, beberapa faktor yang dapat memicu penyakit lupus :

*Lingkungan

*Infeksi

*Paparan sinar matahari

*Stres

*Obat-obatan tertentu

========================================

Jenis Penyakit Lupus

* Cutaneus Lupus : Seringkali disebut discoid yang mempengaruhi kulit.

* Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang menyerang organ tubuh seperti kulit, persendian, paru-paru, darah, pembuluh darah, jantung, ginjal, hati, otak, dan syaraf.

* Drug Induced Lupus(DIL), timbul karena menggunakan obat-obatan tertentu. Setelah pemakaian dihentikan, umumnya gejala akan hilang.

========================================

Nah itulah ciri-ciri gejala dan jenis penyakit lupus dan cara pengobatannya.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes