Sunday, March 31, 2013

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu
Penyakit flu atau pilek memang kadang sangat mengganggu, aktivitas sehari-hari pun jadi terganggu bahkan tidur pun kadang-kadang tidak bisa nyenyak. Salah satu gangguan ketika flu biasanya kondisi hidung yang tersumbat. Ini diakibatkan oleh gangguan sinus.

Sinus sendiri merupakan rongga yang ada di tulang sekitar hidung. Rongga-rongga disekitar hidung tersebut terus menerus menghasilkan lendir yang di alirkan ke hidung. Ketika hidung mampet, ini diakibatkan karena terjadi penumpukan lendir pada rongga sinus.

Obat-obatan kimia seperti dekongestan atau semprotan hidung banyak di pakai oleh penderita hidung tersumbat. Namun kadang penggunaannya bisa membahayakan pemakainya dan tidak cocok untuk semua kalangan, terlebih lagi jika memakai tanpa resep dokter. Nah, untuk itulah dibutuhkan cara-cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat ini. Selain aman juga tanpa efek samping yang berbahaya.

Berikut adalah Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu seperti dikutip dari HealthDetik :

Uap panas atau hangat
Uap panas bisa mengatasi masalah hidung tersumbat untuk beberapa waktu. Caranya dengan menghirup uap dari rebusan air yang sedang di rebus. Biasanya akan terasa sedikit hangat di hidung dan membuat pilek anda sedikit nyaman.

Larutan Air Garam
Larutan air garam encer bisa bermanfaat mengatasi masalah hidung tersumbat. Caranya bisa menggunakan wadah kecil seperti teko mini atau 'neti pot' untuk mengalirkan larutan garam ke hidung.

Minyak Kayu Putih
Untuk mengatasi hidung tersumbat bisa juga dengan menggunakan minyak kayu putih. Anda bisa menghirup langsung minyak kayu putih atau memakai obat-obatan misal obat batuk yang berbahan dasar kayu putih. Anda bisa menghirup obat tersebut maka sinus akan terbuka dan bisa melegakan hidung mampet.

Menthol
Cara lainnya bisa dengan memakai menthol. Anda bisa menggunakan peppermint, peppermint dalam menthol akan menyebar hingga ke dalam sinus dan dapat membantu untuk melebarkan sinus.

Hirup Zat Aromatik atau Inhaler
Zar aromatik seperti Inhaler memiliki kandungan menthol, peppermint, Cajeput eucalyptol, dan komponen dari kayu putih cukup mujarab untuk meredakan hidung tersumbat. Caranya dengan meletakan Inhaeler di bawah hidung kemudian anda hirup.

Hindari Susu
Untuk beberapa kasus namun tidak semua orang mengalaminya, produk susu kadang membuat orang sulit keluar dari penyakit hidung tersumbat. Jika dengan mengehentikan konsumsi susu hidung lebih lega maka hentikan dulu untuk sementara waktu konsumsi susu.

Hindari Penyebab Alergi
Zat-zat seperti debu, ragi dan jamur dapat menyebabkan gangguan pada sinus. Selain itu kondisi lingkungan kotor dan berdebu membuat sinus anda tak mau berhenti mengalami gangguan walau pun anda berusaha mengatasinya.

Nah itulah tadi beberapa Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu.
Semoga bisa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes