Saturday, March 30, 2013

Tips Mengatasi Mulut Kering

Mulut kering adalah keadaan dimana mulut mengalami kekurangan produksi air liur dan menimbulkan beberapa masalah seperti bau mulut, kerusakan gigi, dan infeksi mulut. Kondisi mulut yang kering tersebut akan membuat bakteri dan jamur berkembang biak sehingga dalam waktu tertentu bisa menyebabkan masalah bagi mulut.

Tips Mengatasi Mulut Kering
Air liur sendiri mempunyai peran sebagai pembersih mulut dan membantu mencerna makanan yang sudah dihancurkan oleh gigi. Lebih dari itu, air liur juga mempunyai peran yaitu membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang mungkin tersisa setelah memakan makanan. Makanya ketika mulut kita kering biasanya mulut akan mengeluarkan bau tak sedap karena sisa makanan tersebut tidak dicerna dengan baik oleh ludah sehingga membusuk dan mengeluarkan bau tak sedap.

Meskipun bukan merupakan jenis penyakit yang berbahaya namun kehadirannya tetap saja sangat mengganggu aktifitas dan bikin kita kurang pede. Gejala-gejala yang ditimbulkan saat mulut kita kering diantaranya adalah mulut terasa kering dan lengket, sering merasa haus, warna lidah merah tua dan serasa ada pasir di lidah, suara agak serak, nafas yang tak sedap, dan masalah saat berbicara, mengunyah atau pun menelan.

Nah berikut ini adalah beberapa Tips Mengatasi Mulut Kering seperti yang dijutip dari Ehow.com
  1. Jaga kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi tiga kali sehari. Mulut yang sehat akan memproduksi air liur yang sehat pula dan menjaga agar cairan di mulut selalu seimbang.

  2. Minum air lebih sering. Minum disini bukan berarti anda minum dalam jumlah yang banyak karena jika terlalu banyak minum membuat frekuensi ke kamar kecil menjadi lebih sering. Minumlah dengan tegukan kecil, jangan lupa bawa botol minuman di tas anda ketika bepergian. Ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan cairan di mulut.

  3. Jangan mengkonsumsi minuman berkafein (kopi, teh, dan soda) dan beralkohol serta merokok. Karena bisa meningkatkan kondisi mulut yang kering.

  4. Hindari makanan yang bisa memperburuk mulut kering, seperti terlalu banyak makan cemilan asin atau pun makanan pedas.

  5. Mengunyah permen karet juga bisa mengurangi kekeringan di mulut anda, namun tidak boleh berlebihan karena terlalu banyak makan permen karet membuat kelebihan gula di mulut dan bisa mengakibatkan gangguan karies gigi.

  6. Periksa ke dokter gigi secara rutin minimal 2 kali dalam setahun. Dokter gigi akan membantu anda melakukan perawatan-perawatan kesehatan mulut dan gigi dengan benar untuk meminimalisir terjadinya masalah-masalah mulut.
Nah itulah tadi sedikit Tips untuk Mengatasi Mulut Kering.
Semoga bisa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes