Friday, March 22, 2013

Tips menjaga kesehatan gigi

Tips menjaga kesehatan gigi yang dapat anda lakukan agar gigi tetap sehat tidak mudah sakit. tips menjaga kesehatan gigi tentunya menjadi sebuah keharusan agar gangguan yang menyiksa ketika sakit gigi tidak akan anda rasakan. Menjaga kesehatan mulut tentunya dapat berdampak secara langsung bagi kesehatan gigi, dalam menjaga kesehatan gigi tentunya tidak cukup hanya menyikat gigi setiap hari. Paling tidak ada beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai bentuk perawatan tambahan dalam menjaga kesehatan gigi anda.

Lakukanlah meyikat gigi paling tidak dua kali dalam sehari, menyikat gigi sehari dua kali pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur menjadi keharusan yang mutlak anda lakukan dalam menjaga kesehatan gigi anda agar tidak adanya kuman yang berkembang biak, dimana kuman biasanya dengan mudahnya muncul ketika sisa makanan masih menempel pada gigi anda.

Perhatikanlah cara anda menyikat gigi setiap hari, melakukan penyikatan terhadap gigi tentunya tidak hanya menyikat gigi agar bersih saja. Perlu diperhatikan mengenai bagaimana cara anda melakukan penyikatan terhadap gigi tersebut. Gerakan yang tidak asal-asalan tentunya dapat menjaga kesehatan gigi serta bentuk dari gigi anda. Lakukanlah gerakan menyikat atas-bawah serta bersihkanlah permukaan gigi bagian dalam. Gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut dan juga ganti sikat gigi anda setiap 3 bulan sekali.

Batasi penggunaan kandungan fluoride yang terdapat pada pasta gigi anda, pada dasarnya kandungan fluoride mampu menjaga gigi tetap sehat dan kuat sehingga menghindari gigi mengalami pembusukan. Namun jika kurang mengontrolnya anda akan penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride ini ternyata dapat menyebabkan bintik putih pada gigi ketika anda menggunakan fluoride secara berlebihan.

Gunakan benang gigi dalam membersihkan sisa makanan yang menempel diantara gigi anda jika dengan menyikat ternyata masih belum mampu mengangkat sisa makanan yang terselip pada gigi tersebut. Dengan menggunakan benang gigi juga dapat mencegah munculnya plak pada gigi anda. Selalu gunakan benang gigi yang baru ketika anda membersihkan gigi anda.

Perhatikan pola makan anda sehari-hari, konsumsi makanan sehat juga dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan gigi agar tidak mudah sakit dan menjadikannya lebih kuat. Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gula berlebih, dimana kandungan gula tersebut dapat dengan mudahnya melekat pada gigi anda sehingga kuman akan dengan mudahnya menempel pada gigi.

Lakukanlah perawatan terhadap gigi secara teratur dengan memeriksakan secara rutin setiap 6 bulan sekali melalui dokter gigi agar kondisi kesehatan gigi anda dapat terkontrol dengan baik. Lakukanlah konsultasi dalam melakukan perawatan harian terhadap gigi untuk menghindari gangguan penyakit gigi serta masalah pada gigi lainnya.

Hindarilah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi anda, hilangkan kebiasaan merokok yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning dan juga hindari minuman beralkohol yang dapat merusak gigi anda.

Dalam menjalani tips menjaga kesehatan gigi ini sebaiknya ditanamkan sejak dini agar gigi menjadi lebih sehat dan lebih kuat sehingga tidak mudah rusak.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes