Saturday, March 23, 2013

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Tips Atau Cara Mencegah/Pencegahan Penyakit Jantung

Nah berikut ini adalah tips cara mencegah penyakit jantung atau menghindari agar kita tidak terkena dengan yang namanya penyakit jantung.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung bisa kita lakukan dengan beberapa hal sebagai berikut:

Pola Makan Sehat

Makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi perlu Anda hindari. Makanan seafood dapat membahayakan jantung karena mempunyai kandungan kolesterol tinggi. Goreng-gorengan atau makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak perlu Anda kurangi, sebaliknya untuk makanan bisa Anda olah dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang.

Anda harus mengusahakan untuk produk makanan yang dimakan rendah lemak atau tanpa lemak. Keju, mentega, atau makanan lain yang rendah lemak dapat Anda pilih. Apabila Anda harus mengolah makanan dengan cara digoreng, Anda bisa memilih menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng karena memiliki kandungan lemak yang sedikit.

Selain menghindari makanan berlemak, Anda juga perlu menghindari makanan dengan kadar gula yang tinggi. Minuman seperti soft drink juga perlu Anda hindari karena banyak mengandung gula yang tinggi. Konsumsi karbohidrat juga jangan terlalu banyak karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan gandum atau oat yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

Hindari dari kegemukan dengan menjaga pola makan agar tidak berlebihan, risiko lebih besar terkena penyakit ini apabila seseorang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm.

Berhenti Merokok

Agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga hindarilah dari merokok karena rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan aktivitas ini, segeralah hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

Hindari Stres

Sangat sulit memang untuk menghindari stres di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Hormon kortisol akan dikeluarkan oleh tubuh pada saat seseorang mengalami stres yang dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Akibat dari naiknya tekanan darah juga dapat disebabkan oleh stres, karena hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres. Hindarilah stres baik di kantor atau di rumah karena dengan menghindari stres sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

Hipertensi

Penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau problem hipertensi. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.

Obesitas

Meningkatnya tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak disebabkan karena obesitas atau kelebihan berat badan. Cara utama untuk menghindari obesitas adalah dengan menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan. Diabetes dapat mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Olahraga Secara Teratur

Lakukanlah olahraga seperti jalan cepat, jalan kaki atau jogging. Jenis kegiatan olahraga yang tidak bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Konsumsi Antioksidan

Radikal bebas dalam tubuh disebabkan adanya polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok. Penyebab dari bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan adalah dari radikal bebas. Anda dapat menggunakan antioksidan untuk mengeluarkan radikal bebas dalam tubuh, karena antioksidan berfungsi untuk menangkap dan membuangnya. Anda dapat memperoleh antioksidan dari macam buah-buahan dan sayuran.

Keturunan

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab terserang penyakit jantung, sebagai contoh seseorang yang orang tua atau saudara kandungnya pernah mengalami serangan jantung sebelum usia 60 memiliki risiko lebih besar menderita penyakit ini. Apabila Anda mempunyai kerabat atau keluarga yang pernah mengalami serangan jantung untuk lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan dan gaya hidup Anda untuk menunjang jantung sehat.

Nah itulah bagaimna tips atau cara mencegah sakit jantung.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes