Friday, March 22, 2013

Fungsi vitamin untuk kesehatan tubuh

fungsi vitamin
Fungsi vitamin - Vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina yang berperan sangat penting bagi metabolisme tubuh, namun sebagian besar vitamin ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh, karena itu tubuh sangat memerlukan asupan vitamin setiap harinya, walaupun tubuh hanya memerlukan hanya dalam jumlah sedikit saja namun jika asupan vitamin ini terabaikan maka metabolisme tubuh akan tergangu dan gangguan kesehatan karena kekurangan vitamin ini dinamakan avitaminosis.
Karena itu tubuh harus menerima asupan vitamin dengan benar, tidak berlebihan tidak juga kekurangan, tubuh hanya dapat memproduksi vitamin K dan vitamin D dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Tubuh dapat asupan vitamin  dari makanan yang kita makan seperti buah-buahan ataupun sayur-sayuran yang terbukti mengandung vitamin cukup tinggi, dan asupan lain bisa diperoleh dari suplemen yang bisa kita dapatkan dengan mudah di toko kesehatan.

Vitamin mempunyai 13 jenis yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bertumbuh, vitamin tersebut diantaranya vitamin A, C, D, E, K dan B. Vitamin B sendiri terdiri dari tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12 dan folat. Vitamin-vitamin ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Vitamin dapat digolongkan menjadi 2 kelompok yaitu vitamin yang larut dalam air ( vitamin B dan C ) dan vitamin yang larut dalam lemak ( vitamin A, D, E dan K ), vitamin yang larut dalam lemak ini akan disimpan dalam jaringan adiposa dan di dalam hati, sebagian dari vitamin ada yang disimpan hanya beberapa hari saja dan sebagian lainnya ada yang bisa bertahan sampai sekitar 6 bulan. Untuk vitamin yang larut dalam air hanya dapat disimpan dalam jumlah sedikit saja dan ikut hilang bersama aliran makanan, vitamin yang terlepas akan masuk dalam aliran darah selajutnya tersebar ke seluruh bagian tubuh, dan jika tidak dibutuhkan maka vitamin akan terbuang bersama urin.

Karena itu biasakanlah sejak sekarang untuk mengkonsumsi banyak sayur-sayuran dan buah-buahan atau jika perlu minumlah suplemen vitamin seperti multivitamin, sayuran dan buah-buahan sangat baik terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan supaya tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.


Artikel lainnya yang perlu anda ketahui : Manfaat minum air putih

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes