Sunday, April 28, 2013

Makanan Sehat untuk Penderita Jantung

Makanan Sehat untuk Penderita JantungPenyakit jantung merupakan jenis penyakit perenggut kematian nomer satu umat manusia di dunia. Siapa pun beresiko terkena penyakit ini. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung pada seseorang, salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Bagi anda yang menginginkan kondisi jantung yang selalu sehat atau pun bagi para penderita yang sedang mencari tahu makanan sehat yang baik untuk jantung, berikut Cara Sehat akan menyajikan selengkapnya untuk anda.

Berikut adalah Makanan Sehat untuk Penderita Jantung seperti yang dikutip dari duniafitness.com :

1. Ikan
Ikan merupakan jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung, terutama ikan yang mengandung Asam Lemak Omega 3. Omega 3 berfungsi menurunkan kadar trigliserida yang dapat menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega 3 sebanyak 1-2 kali seminggu mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.

2. Gandum
Gandum merupakan makanan yang baik untuk kesehatan jantung selanjutnya. Gandum mengandung serat cukup tinggi, zat besi, magnesium, asam folat,  vitamin dan mineral. Makanan ini merupakan sumber kalori yang sehat, beberapa studi menyatakan bahwa mengkonsumsi gandum dapat menurunkan kolesterol darah dan mencegah penyakit kardiovaskuler.

3. Beras
Selain gandum, beras yang merupakan makanan pokok bangsa Indoensia merupakan makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi beras setiap hari mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung.

4. Sayuran Hijau
Tak diragukan lagi bahwa sayur-sayuran adalah makanan sehat selanjutnya yang harus selalu dikonsumsi setiap orang. Sayur hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Sayur hijau menganding karotenoid yaitu pigmen warna cerah pada sayur dan buah-buahan. Karotenoid juga memiliki khasiat mengurangi resiko serangan jantung.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber lemak nabati yang aman untuk kesehatan jantung terutama jenis kacang hitam, kacang merah, kacang navy, kacang polong dan kacang buncis.

6. Buah Jeruk
Buah ini memang terkenal akan kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin C, buah jeruk mengandung serat yang dapat menurunkan kolestorel darah.

7. Buah Berry
Buah berry mengandung zat antioksidan cukup tinggi melebihi sayur dan buah. Selain itu beberapa penelitian menjelaskan bahwa buah berry berkhasiat meningkatkan tingkat HDL dan menurunkan tekanan darah.

8. Paprika
Paprika mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, kalium, vitamin A dan antioksidan. Kandungan kalium dalam buah paprika dapat mengendalikan tekanan darah tubuh anda.

9. Bawang Putih
Bumbu dapur yang berwana putih ini tak hanya berfungsi melezatkan masakan tetapi juga memiliki khasiat untuk kesehatan diantaranya adalah bawang merah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk kolesterol dan trombosit.

10. Teh
Teh mengandung polifenol yang merupakan zat antioksidan melawan radikal bebas. Beberapa studi menyatakan bahwa polifenol dapat mencegah kolesterol buruk (LDL) dari oksidasi yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Demikian tadi beberapa Makanan Sehat untuk Penderita Jantung. Selalu sayangi jantung anda.
Semoga bermanfaat.

Baca juga Khasiat Jus Delima Bikin Jantung Sehat

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes