Sunday, April 28, 2013

Kenali Gejala Awal Serangan Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit mematikan yang sudah banyak merenggut banyak jiwa di seluruh penjuru daratan dunia. Pada awalnya mungkin saja penderita tidak mengetahui dirinya tengah menderita penyakit mematikan itu. Nah untuk itu sebaik mungkin kita mengetahui berbagai gejala awal penyakit jantung untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kalau-kalau serangan jantung mendadak datang.

Kenali Gejala Awal Serangan Jantung
Ada banyak faktor yang menyebabkan penderita mengidap penyakit jantung, salah satunya adalah kolesterol berlebih. Faktor ini memang menjadi faktor kebanyakan penderita penyakit jantung. Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi sangat beresiko terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, ada baiknya sejak dini anda memperhatikan makanan yang dikonsumsi hendaknya memiliki kolesterol yang rendah. Baca: Makanan Sehat untuk Penderita Jantung


Faktor lain yang sangat beresiko terkena penyakit jantung adalah merokok. Merokok dapat mengurangi kadar hormon estrogen dalam tubuh dimana hormon tersebut berguna sebagai penangkal penyakit jantung.  

Dan berikut ini adalah beberapa gejala awal penyakit jantung yang harus anda kenali seperti yang dikutip dari Vivanews dan Times of India.

1. Rasa lelah berlebihan
Rasa lelah merupakan sesuatu yang lumrah yang di alami oleh setiap orang. Namun jika rasa lelah yang anda alami itu terlalu berlebihan dan tak seperti biasanya, misal rasa lelah membuat anda sulit terbangun dari tempat tidur atau sekedar duduk. Segera konsultasikan ke dokter untuk meminta petunjuk lebih lanjut.

2. Rasa sakit di dada.
Rasa nyeri di dada merupakan gejala umum yang di alami kebanyakan orang, terutama untuk para wanita rasa sakit ini kadang dirasa begitu mencekik karena terjadi penyumbatan arterti yang membuat peredaran darah terhambat. Hal ini bisa penderita kadang mengalami mati rasa dan tubuh lemah.

3. Mudah berkeringat
Pada umumnya seseorang akan berkeringat ketika melakukan aktifitas tertentu atau pun olahraga. Namun apabila anda mudah sekali berkeringat walau anda tidak melakukan aktifitas seperti berolahraga sekali pun, anda perlu memeriksa kesehatan jantung anda ke dokter.

4. Pusing dan Sakit Kepala
Jika seseorang sering merasakan sakit kepala lebih sering atau merasa pusing ketika melihat paparan cahaya, anda perlu memeriksakan kesehatan jantung anda, terutama gejala migren atau gangguan visual yang di alami oleh wanita, setidaknya dua kali dalam sebulan anda perlu waspadai hal ini.

5. Mual
Gejala lainnya adalah penderita biasanya mengalami kehilangan nafsu makan dan sering merasakan mual-mual.

6. Rasa cemas, gelisah
Rasa cemas dan gelisah biasanya di alami oleh mereka yang secara tidak sadar menderita penyakit jantung dan sering mengalami serangan jantung berulang-ulang. Hal ini menimbulkan rasa trauma dan cemas akan kesehatan dirinya.

7. Rasa sakit di badan
Penderita penyakit jantung kadang mengalami rasa nyeri di bagian tubuh tertentu misalnya di bagian lengan kiri, bagian bahu, punggung siku, dan leher. Rasa nyeri ini kadang terjadi tiba-tiba diakibatkan karena terjadi penyumbatan pada arteri.

8. Detak jantung tidak teratur
Gejala lain penyakit jantung diantaranya yaitu detak jantung yang tidak teratur. Hal ini terjadi karena ada penebalan otot pada katup jantung yang mengakibatkan terjadinya penyempitan katup sehingga terjadi kebocoran.

9. Nafas terasa sesak
Penebalan pembuluh darah akan menghambat aliran darah ke seluruh tubuh. Sesak nafas juga diakibatkan karena kelainan organ hati atau infeksi serta kelainan pada katup jantung.

10. Terjadi pembengkakan
Gejala lain adalah terjadi pembengkakan di bagian tubuh biasanya pada pergelangan kaki dan perut. Pembengkakan ini terjadi karena terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa gejala-gejala dari penyakit jantung yang harus anda ketahui. Kenali Gejala Awal Serangan Jantung untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes