Monday, April 22, 2013

Cara Mencegah Terjadinya Plak Pada Gigi

Tips Cara Mencegah Terjadinya Plak Pada Gigi

Nah berikut ini adalah artikel kesehatan tentang tips bagaimana sih cara mencegah plak pada gigi kita, Nah berikut ulasan selengkapnya cara mencegah terbentuknya plak gigi dengan Buah Strawberry.

Cara Mencegah Terjadinya Plak Pada Gigi

Kandungan pemanis alami berupa xylitol dan polifenol dalam buah strawberry yang mampu mengurangi kolonisasi streptococcus mutans, yang biasa menghambat aktivitas enzim di dalam mulut. Dengan berkurangnya streptococcus mutans, plak di gigi akan berkurang, serta mencegah terbentuknya plak gigi kembali.

Secara umum, strawberry mengandung nutrisi penting untuk tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat dan energi. Selain itu, ada mineral potensial yang terkandung di dalamnya seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, potassium, selenium, vitamin C dan juga asam folat,

Strawberry juga terbukti memiliki aktivitas antioksidan dua kali lipat lebih tinggi dibanding anggur merah, lima kali lipat dari apel dan pisang, dan sepuluh kali lipat dari semangka.

Pentingnya menyingkirkan plak di gigi

Plak adalah penyebab utama yang memunculkan aneka penyakit gigi dan mulut seperti karier, calculus, gingivitis, dan periodontitis. Logikanya, jika plak dapat dicegah dan dikurangi, maka penyakit-penyakit seperti disebutkan di atas akan dapat teratasi.

Untuk itulah, mengonsumsi buah strawberry sangat dianjurkan.

Cara yang lebih efektif menghilangkan plak di gigi adalah dengan mengonsumsi jus strawberry. Jus strawberry sendiri rasa asamnya dapat merangsang sekresi saliva dalam jumlah tinggi, sehingga saliva menjadi lebih encer dan viskositasnya jadi lebih rendah.

Menurut para ilmuwan, cara tersebut sefektif mencegah penyakit gigi dan mulut dengan cara mudah dan menyenangkan. Namun perlu diingat, akan lebih efektif bila Anda tidak mencampurkan gula ke dalam jus strawberry, karena strawberry sendiri sudah mengandung gula alami.

Nah itulah tips cara mencegah plak pada gigi. baca juga tips cara mencegah penyakit jantung.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes