Monday, April 29, 2013

Cara Mencegah Bau Badan Dan Keringat Berlebihan Secara Alami

Cara Mencegah Bau Badan Dan Keringat Berlebihan Secara Alami

Nah berikut ini adalah artikel kesehatan tentang bagaimana cara mencegah bau badan dan cara mencegah keringat berlebihan secara alami.

Cara Mencegah Bau Badan

Dalam bahasa ilmiah, keringat berlebih sering disebut sebagai Hiperhidrosis, yaitu kondisi ketika seseorang menghasilkan keringat lebih banyak dari kondisi normal. Hiperhidrosis tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan, seperti infeksi jamur dan bakteri, tetapi juga dapat mengganggu kondisi psikologis dan emosional penderitanya.
Penyebab Hiperhidrosis

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi keringat berlebih yang memicu bau badan, ada baiknya Anda perlu mengetahui penyebab terjadinya Hiperhidrosis atau keringat berlebih.

Beberapa pakar berpendapat bahwa produksi keringat berlebih terjadi karena ketidakseimbangan hormon stres, tingkat aktivitas yang tinggi, dan semangat yang berlebihan. Beberapa ahli juga berpendapat bahwa sepertiga penyebab keringat berlebih adalah faktor keturunan.

Secara rinci peneliti mengatakan bahwa keringat berlebih terjadi karena kinerja eccrine yang terlalu aktif. Eccrine adalah kelenjar keringat yang mengatur suhu tubuh. Kelenjar ini berada di seluruh bagian tubuh. Namun, lebih sering terjadi di telapak tangan, telapak kaki, ketiak dan wajah.

Beberapa kondisi seperti obesitas, diabetes, penggunaan narkoba dan konsumsi minuman beralkohol juga dapat menyebabkan kondisi ini.
Cegah Hiperhidrosis dan Bau Badan

Jika Anda mengalami hiperhidrosis, ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah Hiperhidrosis, yaitu:

Jangan Dehidrasi

Jika tubuh Anda mengeluarkan banyak keringat ini berarti Anda harus segera mengganti cairan tubuh yang hilang. Apapun kondisinya, jaga tubuh Anda agar tidak mengalami dehidrasi. Selain berfungsi membersihkan racun dalam tubuh, mengonsumsi air mineral juga baik untuk mencegah bau badan.

Kenakan Pakaian yang Sejuk

Jika Anda mudah berkeringat, sebaiknya kenakan pakaian berbahan sejuk dan menyerap keringat. Pemilihan bahan pakaian yang tepat dapat membantu kulit Anda bernapas lebih leluasa sehingga Anda tidak merasa gerah.

Mandi Minimal 2x Sehari

Banyak keringat dan jarang mandi adalah penyebab bau badan yang paling umum terjadi. Mandi dan bersihkan tubuh Anda lebih sering minimal 2x sehari. Selain membuat tubuh bersih dan segar, membiasakan mandi dapat memberikan manfaat kesehatan seperti meredakan stres, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga meningkatkan kesuburan.

Oleskan Jeruk Nipis atau Tawas

Saat bau badan menyerang oleskan jeruk nipis atau tawas di ketiak Anda. Namun, jika Anda mengalami alergi dan gangguan kulit tertentu sebaiknya gunakan deodoran saja.

Diet Sehat

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab keringat berlebih dan bau badan. Oleh karena itu, jalankan diet sehat dari sekarang. Jaga pola makan dan tingkatkan aktivitas fisik dengan berolahraga untuk mendapatkan berat badan ideal.

Jika langkah-langkah di atas tidak membantu permasalahan Anda mengatasi keringat berlebih dan bau badan, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih tepat.

Nah itulah tips mencegah bau badan, baca juga Cara Mengobati Sakit Tenggorokan.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes