Tuesday, April 16, 2013

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Sembelit merupakan jenis gangguan pencernaan yang rasanya lumayan sakit dan melilit dan membuat penderita merasa sakit di bagian perut. Selain pada orang dewasa, sembelit juga bisa terjadi terhadap bayi yang masih berumur di bawah 1 tahun.

Gejala yang mungkin muncul berupa bayi yang sering nangis dan dia jarang buang air besar. Apabila bayi anda mengalami kejadian seperti itu, bisa jadi sang buah hati terkena sembelit. Jika orang dewasa saja merasa sakit apalagi sang bayi yang masih kecil dan tak berdaya, makanya ia sering nangis-nangis.

Nah berikut ini adalah beberapa Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi seperti yang dikutip dari HealthDetik, (Senin, 27/11/2012) :

1. Gunakan obat pencahar alami
Anda tak usah khawatir mencari-cari obat ke dokter untuk mengatasi sembelit pada bayi. Anda bisa buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yaitu dengan merendam buah plum dengan air panas lalu biarkan semalaman. Apabila anda sulit menemukan buah plum, anda bisa juga memakai apel yang dicincang, pir, apel, buah persik, kadang polong dan bayam. Caranya dengan meminumkan satu sendok air ramuan tersebut pada bayi. Senyawa larutan tersebut dipercaya mampu mengencerkan tinja dan mengatasi sembelit pada bayi.

2. Berikan asupan ASI pada bayi
Air susu ibu merupakan nutrisi alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi bayi. Oleh karena itu, sang ibu juga harus memperhatikan asupan makanan yang dimakan untuk menjaga kualitas ASI. Perbanyak minur air serta mengkonsumsi buah dan sayuran.

3. Pijat perut Bayi
Cara lainnya yaitu dengan cara memijat perut sang buah hati searah dengan putaran jarum jam. Pijat secara pelan dan rileks kemudian mandikan dengan air panas. Cara ini bisa membuat bayi merasa rileks dan air hangat bisa melancarkan pencernaannya.

4. Hindari makanan tertentu
Beberapa makanan tertentu yang dikonsumsi oleh bayi bisa mengakibatkan pencernaannya terganggu. Hal ini karena pencernaan bayi yang masih belum optimal dalam mencerna makanan. Jenis makanan seperti pisang yang masih mentah serta telur bisa memicu terjadinya sembelit pada bayi.

5. Latihan ringan pada bayi
Lakukan latihan ringan pada bayi dengan cara membaringkannya kemudian membiarkan kakinya menendang-nendang seperti sedang bersepeda. Cara ini bermanfaat untuk melonggarkan gesekan pada saluran usus dan mengurangi gas.

Demikian tadi beberapa Cara alami Mengatasi Sembelit pada Bayi. Semoga bayi anda lekas sembuh ya?

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes