Tuesday, April 2, 2013

Tips Menghilangkan Bekas Cacar Air di Wajah

Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sangat menyebalkan, lebih-lebih lagi jika bekas cacar terdapat di bagian wajah. Ini akan membuat penderitanya merasa tidak percaya diri dengan bekas cacar tersebut. Nah pada pembahasan di bawah ini akan kita berikan Tips-tips alamiah menghilangkan bekas cacar di wajah.

Tips Menghilangkan Bekas Cacar Air di Wajah
Sebelum beranjak ke inti permasalahan, ada baiknya kita mengetahui apa sih penyakit cacar air tersebut? Cacar air atau istilah medisnya disebut Varicella simplex merupakan salah satu penyakit yang berupa bintik-bintik kemerah-merahan pada kulit disebabkan oleh sejenis virus yaitu virus varicella-zoster. Virus ini menginfeksi kulit dan disebarkan ke seluruh tubuh secara aerogen. Aerogen sendiri adalah salah satu penyebaran penyakit melalui perantara udara.

Gejala yang muncul bagi mereka yang mengalami cacar diantaranya seperti demam, badan lemas, nafsu makan menurun, dan ketika demam muncul diiringi dengan munculnya gelembung-gelembung yang berisi cairan seperti nanah dan mudah pecah.

Cacar air sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, namun bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang menurun biasanya sangat rentan. Cara pengobatannyanya bisa dilakukan dengan memberi obat Asiklovir dengan dosis 800mg perhari sekali setiap 4 jam selama 7 hingga 10 hari. Untuk obat luar bisa mengoleskan salep yang mengandung 5% asiklovir pada permukaan yang terinfeksi selama 6 kali sehari dalam waktu 6 hari.

Kendati penyakit cacar air tidak terlalu bahaya namun kehadirannya bisa dibilang membuat risih penderitanya. Apalagi bintik-bintik merah bekas cacar tersebut yang kadang berada di bagian sekitar wajah. Nah untuk cara-cara alami mengatasi bekas cacar sendiri bisa anda lakukan dengan mengikuti tips-tips di bawah ini.
  1. Tips pertama yaitu dengan cara menyiapkan bahan-bahan seperti 25gram temulawak, 15gram kencur, 15gram asam jawa, dan 600cc air. Cuci dan potong kecil-kecil bahan-bahan tadi kemudian rebus sampai air berkurang setengahnya. Setelah itu air rebusan tadi bisa anda minum 2-3 kali sehari.

  2. Ambilah satu buah mengkudu yang sudah matang biasanya berwarna kekuningan. Lalu anda buat jus dan minum secara rutin setiap hari.

  3. Cara berikutnya bisa dengan menggunakan daun pegagan. Yaitu dengan cara daun pegagan di jus bisa dengan ditambahkan madu kemudian anda minum. Selain membantu menghilangkan bekas cacar daun pegagan juga berkhasiat meremajakan kulit.

  4. Tips selanjutnya yaitu dengan memakai jagung muda yang di parut dan oleskan pada bagian tubuh yang kena cacar.

  5. Selanjutnya bisa juga dengan memakai kacang hijau. Caranya dengan meredam dulu kacang hijau sampai sedikit merekah kemudian tumbuk halus dan oles pada kulit yang kena cacar.
Selain mengkonsumsi bahan-bahan alami di atas, penderita juga dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih, vitamin C serta makanan yang mengandung vitamin E. Yang terpenting adalah dengan menjaga selalu keberihan dan kesehatan tubuh anda.

Demikian Tips Menghilangkan Bekas Cacar Air di Wajah.
Semoga cepat sembuh

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes