Sunday, January 20, 2013

7 Makanan Sehat Pelancar Menstruasi

Menstruasi adalah sesuatu yang lumrah bagi wanita dewasa pada umumnya. Sebagian wanita mengalami fase ini rutin setiap bulan. Namun siklus menstruasi kadang tidak teratur dan berbeda-beda antara orang yang satu dengan orang yang lain. Ada yang datang awal bulan selama 3-5 hari dan ada juga yang pertengahan atau pun akhir bulan.

Siklus menstruasi yang tidak lancar tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain gaya hidup tidak sehat seperti merokok, jarang berolahraga, minum minuman beralkohol, dan juga konsumsi obat-obatan yang berlebihan. Nah jika anda juga kebetulan sedang mengalami keluhan mestruasi yang tidak lancar, berikut ini adalah beberapa makanan sehat pelancar menstruasi seperti yang dilansir dari Boldsky. Monggo disimak aje.

1. Brokoli
Jenis sayuran hijau yang satu ini memiliki gizi yang baik dan berkhasiat untuk kesehatan anda, salah satunya adalah memperlancar siklus menstruasi. Anda bisa membuat brokoli crispy, brokoli bakar, dll agar lebih nikmat ketika dimakan.

2. Sayuran hijau
Selain brokoli, beberapa sayuran hijau lain seperti bayam, asparagus, dan sawi juga memiliki gizi yang baik untuk kesehatan khususnya untuk memperlancar menstruasi. Anda bisa memakan makanan ini sebagai menu lalap atau juga sebagai sayur mayur.

3. Salmon
Siapa yang tak kenal ikan salmon. Selain memiliki kanduungan gizi berlimpah yaitu kandungan kalsium dan vitamin D, jenis ikan yang dagingnya empuk dan nikmat tersebut juga bisa membantu mengatasi masalah menstruasi yang tak teratur.

4. Biji Wijen
Anda tahu biji wijen? Itu lho yang sering ada pada makanan onde-onde. Walapun ukurannya kecil-kecil namun ternyata biji wijen ini bisa membantu memperlancar siklus menstruasi. Tapi jangan berlebihan juga ya karena bisa meningkatkan panas tubuh.

5. Yoghurt
Yoghurt yang masih sejensi dengan susu ini memiliki kandungan zat yang baik bagi kesehatan. Selain kaya akan kalsium, yoghurt juga dipercaya membantu mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur.

6. Susu Kedelai
Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai, rasanya sangat khas berbeda dengan susu sapi. Selain sehat susu kedelai juga bisa membantu mengatasi masalah menstruasi.

7. Telur
Telur adalah salah satu makanan yang sangat kaya akan protein, kalsium dan vitamin. Kandungan gizi yang berlimpah tersebut sangat baik untuk mengatasi masalah yang terjadi saat menstruasi termasuk siklus yang tidak teratur.

Nah, demikian 7 Makanan Sehat Pelancar Menstruasi. Bisa anda praktekan di rumah namun jika masalah tersebut tak kunjung membaik ada baiknya anda konsultasi langsung ke dokter.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes