Tuesday, January 8, 2013

Penyakit Jantung Koroner Akut

gejala penyakit jantung koronerPenyakit jantung koroner

adalah sebuah penyakit jantung yang muncul karena adanya penyumbatan atau penyempitan saluran arteri pada jantung atau arteri koroner (saluran arteri yang menuju ke jantung), sehingga darah, sari-sari makanan dan oksigen  tidak dapat masuk ke dalam jantung. Hal ini jika dibiarkan berlarut-larut dan tidak segera ditangani dengan serius akan menyebabkan serangan penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner akut sering kali terjadi karena sebelumnya penderita tidak mengetahui dan tidak pernah mempelajari tentang ciri-ciri penyakit jantung koroner dengan baik dan benar. Hal ini menyebabkan seseorang meremehkan dan membiarkan semua gejala penyakit jantung koroner ketika orang tersebut mengalami tanda-tanda penyakit jantung koroner. Agar seseorang tidak meremehkan tentang ciri dan tanda penyakit jantung koroner, pada artikel ini akan saya paparkan tentang ciri-ciri dan penyebab penyakit jantung koroner.

Ciri-ciri penyakit jantung koroner akut!


Ciri-ciri penyakit jantung koroner antara lain nyeri pada dada bagian kiri hingga menjalar kelengan bagian kiri juga, sering merasakan sesak nafas mendadak, Seringkali dada berdebar-debar yang diikuti keluarnya keringat dingin, nyeri pada saat beristirahat, irama jantung yang tidak beraturan, mual-mual yang diikuti muntah.Tidak semua nyeri pada bagian dada disebabkan oleh serangan penyakit jantung koroner tapi ada bagian tertentu yang terasa tertekan dengan keras, hal itu yang dimaksud dengan ciri-ciri penyakit jantung koroner.

 

Penyebab penyakit jantung koroner akut!


penyebab penyakit jantung koroner akutPenyebab penyakit jantung koroner awalnya terjadi akibat penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah jantung atau pembuluh arteri koroner, sehingga lama-kelamaan diikuti oleh berbagai proses antara lain penimbunan jaringan ikat, pembekuan darah, pengkapuran dll yang kesemuanya akan mempersempit, memperlambat dan menyumbat salauran koroner jantung. Hal itu menyebabkan otot jantung didaerah jitu mengalami kekurangan sari-sari makanan, darah dan oksigen yang dapat menimbulkan berbagai akibat sekaligus antara lain nyeri pada dada seperti tertekan sampai mengalami serangan jantung koroner mendadak.

Penyebab penyakit jantung koroner akut dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain perokok aktif, diabetes millitus, kegemukan, keturunan, stress, kurang berolahraga, tekanan darah tinggi atau hipertensi, kadar kolesterol HDL rendah, kadar kolesterol total dan  LDL tinggi.

Penyakit jantung koroner jika diketahui ciri-ciri dan penyebabnya, maka seseorang tidak akan pernah meremehkan gejala-gejala yang dialaminya. Dengan begitu seseorang akan terselamatkan dari penyakit jantung koroner.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes