Tuesday, January 15, 2013

Mencegah Jantung Koroner Dengan Olahraga

mencegah jantung koroner dengan meditasi
Jantung koroner disebabkan oleh berbagai macam faktor dan alasan, antara lain karena genetik atau keturunan dan juga salah satunya karena kurang gerak dan kurang berolah raga. Dalam hal menjaga kesehatan organ dan anggota tubuh khususnya penyakit  jantung, olahraga sangat berpengaruh besar dalam hal mencegah dan menyembuhkan penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung adalah penyakit yang disebabkan karena terganggunya fungsi jantung, akhirnya jantung tidak dapat bekerja dengan normal dan akhirnya menyebabkan gejala penyakit jantung. Tidak semua jenis olahraga dapat menyehatkan jantung, karena setiap jantung seseorang mempunyai tingkat kekuatan berbeda-beda dalam bekerja. Bisa saja, olahraga yang anda lakukan malah justru membuka awal penderitaan anda atau bahkan merenggut nyawa anda, sebagai contoh banyak orang meninggal mendadak setelah melakukan olahraga (misal, sepakbola atau futsal dan badminton), yang sebelumnya mengalami serangan jantung mendadak.

Manfaat olahraga bagi jantung!



Penyakit jantung koroner mempunyai kecocokan tersendiri dalam melakukan olahraga. Berikut ini beberapa jenis olahraga jantung yang dapat anda lakukan :
  • Aerobik
  • Olahraga aerobik adalah jenis latihan terbaik bagi penderita jantung. Hal ini karena pada latihan aerobik tidak ada penekakan terlalu berat bagi otot-otot jantung.
  • Jalan Santai Jalan Kaki
  • Jalan santai atau jalan kaki merupkan salah satu bentuk dari latihan aerobik yang efektif untuk pasien jantung. Berjalan membantu untuk memiliki jantung yang sehat. Cobalah untuk berjalan, baik di pagi dan sore.
  • Jogging ringan
  • Jogging juga sangat membantu menjaga kesehatan jantung, asalkan tidak terlalu lama. Hanya berkisar 20-30 menit perhari.
  • Meditasion
  • Meditasi juga merupakan latihan efektif untuk pasien jantung. Ini tidak hanya menenangkan pikiran, tetapi juga memerbaiki sistem pernafasan. Waktu terbaik untuk melakukan exercise ini adalah 30 menit dalam satu hari dan tiga kali dalam sepekan. Namun jika tidak mampu sekaligus 30 menit. Anda bisa mengantisipasi dengan membagi waktu, 15 menit di pagi hari dan 15 menit lagi di malam hari. Jangan lupa melakukan pemanasan atau peregangan otot. Pada saat latihan inti dimulai, Anda pun bisa ambil waktu untuk beristirahat sejenak sekira lima hingga 10 menit sebelum lanjut berlatih lagi. 
Olahraga sehat pastinya juga akan menghasilkan tubuh yang sehat, khusunya janung yang sehat dan kuat, terhindar dari jantung koroner maupun gangguan kesehatan jantung lainnya. Begitulah tips olahraga yang baik untuk mencegah jantung koroner.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes