Friday, January 18, 2013

Tips Agar tetap Sehat saat Banjir

Tips Agar tetap Sehat saat Banjir - Musibah banjir menjadi salah satu hal yang biasa bagi warga kita khususnya warga Jakarta dan sekitarnya yang sudah menjadi langganan banjir bila musim hujan tiba. Tak pelak dari itu saja beberapa daerah seperti  Kantor gubernur dan istana merdeka pun ikut tergenang oleh guyuran air hujan. Musibah ini tentu saja memberikan dampak buruk bagi masyarakat.

Tips Agar tetap Sehat saat Banjir
Secara umum banjir pasti mengganggu rutinitas kehidupan namun selain itu juga banjir bisa mengakibatkan timbulnya beberapa penyakit seperti Infeksi Saluran Pernapasan, diare dan flu. Untuk itulah, kita harus selalu menjaga agar kesehatan tubuh ini selalu terjaga dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bencana banjir tersebut.

Berikut adalah beberapa Tips Agar tetap Sehat saat Banjir :

1. Makan secara teratur walaupun tidak enak
Menurut Dr Ari Fahrian Syam, SpPD, K-GEH, seorang praktisi kesehatan dari Universitas Indonesia mengatakan bahwa makan secara teratur haruslah terjaga, walau pun terkesan tidak enak rasanya karena berada dalam tenda pengungsian.

2. Pakai pakaian hangat
Untuk menghindari paparan langsung dari udara dingin, pakailah selalu pakaian hangat seperti jaket, sweater, atau pun selimut untuk menjaga agar tubuh tidak drop karena kedinginan sehingga daya tahan tubuh menurun.

3. Sediakan obat-obatan
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kalau-kalau terjadi sesuatu terhadap kesehatan anda, sediakan selalu obat-obatan seperti obat diare, obat demam atau sakit kepala, atau pun obat-obatan lainnya.

4. Olahraga Ringan
Kesehatan akan selalu terjaga apabila selalu berolahraga begitu pun ketika banjir. Anda harus menjaga kebugaran tubuh, lakukan gerakan ringan seperti sit-up, yoga atau berdayakan alat fitness yang ada di rumah Anda agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

5. Mandi Setelah Hujan
Ketika anda terkena hujan, biasakanlah selalu untuk mandi setelahnya untuk melindungi diri dari infeksi kuman. Jagalah kebersihan tubuh anda dari berbagai macam bakteri dan kuman.

Demikian beberapa Tips Agar tetap Sehat saat Banjir. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes