Tuesday, January 8, 2013

Cara menjaga kesehatan paru-paru


Cara menjaga kesehatan paru-paru melalui langkah kecil yang dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan paru-paru anda, latihan dan kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru ini jika dilakukan setiap saat tentunya mampu mempertahankan kondisi kesehatan paru-paru anda. Menjaga kesehatan paru-paru menjadi sebuah keharusan bagi kita semua, dimana paru-paru pada saat ini mudah sekali terkontaminasi oleh bahan-bahan yang masuk melalui paru-paru seperti polusi.

Tingginya angka polusi saat ini berdampak buruk bagi kelangsungan kesehatan paru-paru. Terlebih lagi jika anda tinggal maupun beraktifitas di perkotaan, selain polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang semakin hari kian meninggi polusi yang dihasilkan oleh industri pun tentunya mengancam kita semua terlebih bagi para karyawan suatu perusahaan tersebut.

Selain menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari bahaya polusi tersebut tentunya kita juga harus menjaga kesehatan paru-paru kita salah satunya. Membentenginya dengan melakukan pencegahan saja tidaklah cukup, perlu juga menyiasatinya dengan melakukan beberapa cara sederhana dan mudah dilakukan serta melakukan latihan ringan untuk menjaga kesehatan paru-paru ini.

Biasakanlah menghirup ataupun menarik napas sedalam-dalamnya, tentunya dengan melakukan cara ini bertujuan agar paru-paru tercukupi akan udara bersih yang mengalir kedalamnya yang untuk selanjutnya dapat dialirkan keseluruh tubuh. Latihan menarik napas dengan dalam ini dilakukan paling tidak selama 1 menit, tarik napas secara perlahan kemudian tahan beberapa saat dan hembuskan kembali secara perlahan.

Mulailah membiasakan diri untuk bernapas dengan benar, hirup udara melalui hidung dan keluarkanlah udara tersebut melalu mulut dengan bibir sedikit terbuka. Tindakan ini tentunya akan memberikan kantung paru-paru menjadi terbiasa agar dapat menahan udara yang masuk lebih lama lagi didalam paru-paru.

Hiruplah udara sebanyak-banyaknya dan sedalam-dalamnya terlebih lagi disaat anda mendapati udara segar yang masih belum terkontaminasi oleh polusi tadi. Biarkanlah paru-paru mengembang dan terisi oleh udara secara penuh.

Selain mengisi paru-paru dengan udara segar yang cukup banyak dan membiasakannya latihan tersebut, anda juga dapat melakukan latihan pernafasan lainnya yaitu dengan cara melakukan menahan napas didalam air. Sama seperti cara sebelumnya yaitu dengan menghirup udara sebanayk-banyaknya lalu anda tahan sambil menyelam untuk kemudian lepaskan udara tersebut melalui mulut secara perlahan ketika anda menyelam dalam air tersebut. Dengan melakukan kegiatan ini tentunya rongga paru-paru anda akan semakin membesar yang nantinya akan dapat menyuplai kebutuhan udara bagi tubuh untuk memperlancar peredaran darah dan mempermudah penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan paru-paru ini adalah dengan melakukan rutinitas berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat dalam melatih kerja paru-paru anda secara maksimal, cukup lakukan olahraga ringan asalkan dilakukan secara rutin tentunya dapat membantu paru-paru bekerja lebih baik lagi. Tentunya dengan berolahraga napas menjadi lebih teratur, yang perlu diperhatikan disini adalah lakukanlah tehnik pernapasan sebagaimana pada cara sebelumnya. Yaitu dengan bernapas melalui hidung dan buang melalui mulut secara perlahan dengan bibir agak sedikit terbuka.

Selain melakukan beberapa cara untuk menjaga kesehatan paru-paru diatas tentunya juga anda harus memperhatikan kembali terhadap hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan dari paru-paru anda sendiri. Hilangkanlah kebiasaan buruk yang dapat merusak paru-paru anda, jika tidak dapat menghilangkan secara keseluruhan sebaiknya lakukanlah secara perlahan yang dikemudian hari jadi mengabaikan hal buruk tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes