Sunday, January 20, 2013

5 Cara Mudah Atasi Flu dan Batuk

5 Cara Mudah Atasi Flu dan Batuk
Kondisi musim hujan yang terjadi sekarang sangat memicu timbulnya penyakit ringan yaitu flu dan batuk. Meskipun tergolong bukan penyakit berat tentu saja kehadiran penyakit tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Produktivitas mungkin bisa menurun karena kondisi badan yang tidak fit.

Nah ketika penyakit tersebut menyerang, dibutuhkan beberapa langkah untuk menjaga agar kualitas tubuh tetap prima. Berikut adalah cara mudah mencegah dan mengatasi Flu dan Batuk seperti yang dilansir dari Times of India, Senin (21/1/2013).

1. Kenali jenis batuk yang diderita
Secara umum ada dua jenis batuk yaitu batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Apabila yang diderita adalah batuk berdahak maka penanganan pertama adalah anda harus mencari ekspektoran, sebab ekspektoran mampu melegakan dan meringankan batuk berdahak. Sebaliknya apabila jenis batuk yang diderita adalah batuk tidak berdahak maka obat batuk yang cocok adalah suppressan, sebab suppressan akan mengurangi dorongan batuk.

Mengenali jenis batuk yang diderita adalah penananganan tepat untuk mengatasi dengan jenis obat yang cocok. Karena di pasaran banyak sekali obat-obatan batuk. Kenalilah terlebih dahulu.

2. Makanan pedas dan minuman hangat
Makanan pedas seperti cabai, jahe dan lada hitam sangat baik untuk membantu meringankan gejala batuk dan flu. Memakan makanan pedas dan meminum minuman hangat juga baik untuk membantu membunuh bakteri berbahaya yang bisa memperburuk kondisi kesehatan anda.

3. Menghirup Uap panas
Jika anda terserang flu, penanganan yang paling mudah dan murah adalah dengan menghirup uap panas. Cara ini terbukti ampuh meringankan flu dan meredakan hidung tersumbat. Caranya dengan memanaskan air panas, tambahkan sedikit minyak kayu putih kemudian hirup uap nya.

4. Konsumsi buah dan sayur
Asupan vitamin dan mineral sangat penting ketika kondisi badan sedang tidak bagus. Mengkonsumsi buah dan sayuran adalah salah satu cara untuk membantu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anda.

5. Susu dan Kunyit
Susu adalah minuman yang terbukti memiliki gizi yang sangat baik bagi tubuh, makanan ini bahkan menjadi makanan penyempurna setelah buah dan sayur dalam 5 makanan sehat yang kita kenal sebagai 4 sehat 5 sempurna. Mengkonsumsi segelas susu dan sesendok kunyit bisa membantu membunuh pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan flu dan batuk anda lebih parah.

Tetap selalu jaga kesehatan dimana pun kita berada. Dengan tubuh yang sehat makan produktivitas pun naik sehingga prestasi akan lebih dekat.

Demikian tips tentang 5 Cara Mudah Atasi Flu dan Batuk.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes