Saturday, January 5, 2013

Bahaya Penyakit Jantung Koroner Mematikan!!

cara mencegah penyakit jantung koroner

Kematian mendadak yang disebabkan penyakit jantung koroner adalah resiko bagi penderita yang tidak mengetahui ataupun tidak mau tahu akan gejala dan ciri penyakit jantung koroner yang selama ini dia derita. Dalam kenyataannya, penyakit ini sering kali diabaikan oleh sebagian besar warga masyarakat karna penyakit ini gejalanya hampir mirip dengan gejala masuk angin, sehingga masyarakat kurang waspada dengan gejala penyakit jantung koroner.

Gejala pertama kali dari penyakit jantung koroner adalah nyeri pada dada bagian kiri yang rasanya seperti ditekan dengan keras, kemudian menjalar tangan bagian lengan sampai di leher. Bagi penderita penyakit jantung koroner ini, dia pasti merasakan kaku pada leher, rasanya mirip seperti tercekik. Selain itu, ciri-ciri penyakit jantung koroner adalah sakit pada ulu hati (istilah) yang diiringi perut kembung dan disertai denyut nadi yang lemah dan keras, dan mengeluarkan banyak keringat dingin.

keluhan akibat penyakit jantung koronerPenyakit jantung koroner disebabkan karena pembuluh darah arteri pada jantung atau pembuluh koroner tersumbat atau mengalami pembuntuan atau dapat juga dikatakan mengalami penyempitan pembuluh darah, sehingga jantung tidak dapat menerima stok makanan yang harus dikonsumsi oleh jantung  yang mengakibatkan jantung tidak dapat memompa darah keseluruh tubuh. Lantas bagaimana menghidari penyakit ini, agar tidak menderita penyakit jantung yang mematikan banyak orang tersebut???


Cara Menjaga Tubuh Dari Penyakit Jantung Koroner!!

Berikut ini adalah berbagai macam cara yang saling berkaitan untuk menghindari penyakit jantung koroner:
  • Sering-seringlah memeriksakan tekanan darah anda secara teratur

  • Tekanan darah juga menjadi penyebab penyakit jantung koroner. Tekanan darah yang tinggi, menyebabkan otot jantung bekerja lebih ekstra untuk menjalankan tugasnya memompa darah keseluruh tubuh. Hal ini jika terus dibiarkan, maka otot jantung akan mengalami kecapekan dan kerusakan sehingga jantung tidak dapat berfungsi dengan baik.
  • Usahakan menahan dari kebiasaan merokok

  • Asap rokok juga sangat berbahaya bagi kesehatan jantung maupun organ tubuh lainnya. Asap rokok dapat menyebabkan penyempitan arteri pembuluh darah, sehingga darah tidak dapat mengalir dengan lancar sehingga jantung pun perlu memompa darah lebih besar lagi agar darah dapat mengalir dengan sempurna. Hal ini menyebabkan jantung tidak dapat bekerja dengan baik dan efeknya otot-otot jantung mengalami kaku dan . tidak dapat bekerja
  • Menjaga berat badan yang ideal

  • Berat badan ideal akan sangat menguntungkan bagi jantung anda, karna kandungan kolesterol dalam tubuh pasti akan normal sehingga jantung akan dapat memompa darah dengan normal dan lancar juga.
  • Mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh

  • Kadar gula darah juga sangat berpengaruh dalam fungsi kerja jantung. Kadar gula bisa saja memperberat kerja jantung dan mempermudah kerja jantung. Untuk itu, menjaga kadar gula darah dalam tubuh sangat penting untuk menjaga kenormalan fungsi kerja jantung.
  • Berolah raga secara teratur

  • Olah raga sangat membantu mengobati ataupun menjaga kesehatan jantung. Karena jantung juga perlu sesekali secara teratur melakukan kerja cepat atau melakukan pemompaan darah secara cepat untuk menjaga kesehatan dan kelenturan otot-otot jantung secara normal.
  • Mengurangi stress

  • Stress bisa dihindari dengan cara melakukan kegiatan secara relaksasi.
  • Melakukan pemeriksaan secara teratur

  • Pemeriksaan secara teratur dapat mencegah penyakit janutng koroner untuk berkembang karna dengan pemeriksaan teratur anda dapat mengetahui gejala penyakit jantung koroner sejak dini. Penyakit ini sangat mudah disembuhkan jika ditangani dan diobati sejak dini, agar kerusakan pada jantung tidak mudah merambat ke organ tubuh yang lain.
Selain itu, penyebab penyakit jantung koroner adalah radikal bebas, Radikal bebas adalah ion molekul tanpa pasangan yang mengikat molekul lain, yang menyebabkan molekul menjadi rusak atau berubah sifat. Sumber radikal bebas misalnya polusi udara, asap rokok, limbah pabrik, dan lain-lain.

2 comments:

Ace Maxs said...

bagus informasinya sangat membantu... terimakasih banyak

http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-jantung-koroner/

Risti Amalia said...

thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

http://obatgondok.toko-gumilar.com/bahaya-penyakit-gondok-bagi-ibu-hamil/

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes