Saturday, January 19, 2013

Khasiat Buah Labu untuk Mencegah Diabetes

Khasiat Labu untuk diabetes
Anda pasti tahu donk buah labu? Buah yang biasa orang luar negeri gunakan di saat pesta Heloween ini memang tidak seterkenal buah lain seperti durian atau pun semangka dalam hal rasanya. Rasa buah labu mirip dengan ubi, teksturnya lembut berserat dan manis. Namun tahukah anda, buah yang biasa dijadikan benda misteri pada saat pesat Heloween ini memiliki banyak sekali manfaat diantaranya bisa mencegah penyakit diabetes.

Dilansir dari Boldsky, buah labu memiliki tiga manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Indeks Glikemik rendah
Buah labu memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Indeks glikemik adalah kemampuan zat makanan untuk mempengaruhi kenaikan tingkat gula darah dalam tubuh. Berbeda dengan gandum dan nasi yang memiliki indeks glikemik tinggi sehingga sangat beresiko mempengaruhi kenaikan gula darah.

2. Memperbaiki fungsi pankreas.
Pankreas adalah salah satu jaringan tubuh tempat insulin di produksi. Ketika insulin tidak bekerja dengan baik bisa beresiko terjadi diabetes dan sebaliknya jika fungsi pankreas berjalan baik maka unsulin juga akan bekerja dengan baik sehingga bisa mencegah penyakit diabetes. Sebuah percobaan dilakukan terhadap seekor tikus yang diberi makan buah labu dan hasilnya jaringan pankreas tikus sembuh. Hal ini juga sangat berpotensi kepada jaringan pankreas manusia.

3. Ampuh Mencegah diabetes
Dengan mengkonsumsi buah labu secara teratur maka otomatis fungsi pankreas akan baik dan insulin bekerja dengan baik. Selain itu buah tersebut tidak menaikan zat gula darah dalam tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.

Untuk cara mengkonsumsinya anda bisa menambahkan dengan sayuran lain atau pun merebus dan mengukusnya. Hindari memasak dengan cara digoreng atau pun di tambahkan cabai karena bisa mengurangi nutrisi dari buah labu tersebut. Nah, anda tertarik mengkonsumsi buah labu?


1 comments:

Ace Maxs said...

terimakasih banyak penjelasannya, menambah pengetahuan..

http://obattraditional.com/obat-tradisional-radang-pankreas/

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes