Saturday, January 19, 2013

Tips agar Tidur Nyenyak saat Flu

Tips agar Tidur Nyenyak saat Flu
Flu memang penyakit yang sangat menjengkelkan, walaupun kelihatannya sangat sepele namun apabila tidak ditangani secara tepat penyakit ini bisa mengakibatkan sesuatu yang lebih serius. Kehadirannya sangat mengganggu setiap aktivitas hidup. Bukan hanya ketika menjalani rutinitas, flu juga sangat mengganggu ketika kita hendak tidur, waktu istirahat tersebut jadi terganggu dan alhasil jam istirahat kita berkurang karena penyakit menyebalkan tersebut.

Proses penyembuhan flu ternyata tidak cukup dengan obat-obatan saja melainkan membutuhkan istirahat yang cukup. Tapi wong tidur aja susah kok gimana mau istirahat? Nah berikut adalah beberapa tips yang dikutip dari Huffington Post untuk menjaga agar kualitas tidur tetap nyenyak saat flu.

1. Ganjal kepala lebih tinggi
Untuk menjaga agar tidur tidak terganggu oleh kehadiran flu, salah satu tips pertama adalah dengan mengganjal dengan bantal sehingga posisi kepala lebih tinggi. Ini dilakukan untuk mempermudah saat bernapas, mengurangi tekanan ingus dan juga mencegah tersedaknya ingus.

2. Atur suasana kamar tidur sebersih dan senyaman mungkin
Kondisi kamar yang nyaman dan bersih akan lebih membuat suasana tidur anda lebih baik. Pastikan kamar tenang, nyaman, gelap dan tidak panas agar tidur anda bisa lebih pulas.

3. Minum teh panas
Meminum teh panas bisa mengurangi dan meringankan flu, sebelum tidur minumlah segelas teh panas bisa ditambahkan madu untuk mengobati rasa sakit tenggorokan.

4. Mandi dengan air panas
Jika anda sedang mengalami penyakit flu, sangat dianjurkan untuk selalu mandi dengan air panas. Uap air panas bisa mengurangi gejala pilek selain itu juga bisa membuat kualitas tidur lebih baik.

5. Minum banyak air di siang hari
Tubuh yang terhidrasi membantu mengurangi reaksi hidung tersumbat.  Di samping itu, saat Anda harus bernapas melalui mulut atau sedang batuk, semua itu memberikan kontribusi pada menguapnya cairan di tubuh. Sediakanlah selalu botol minuman sepanjang hari.

6. Hindari banyak tidur di siang hari
Kebanyakan tidur di siang hari dapat membuat anda susah tidur di malam harinya. Jika ingin tidur siang hari jangan terlalu berlebihan, cukup 30-60 menit saja.

7. Jangan makan pil tidur
Pil tidur memang memberikan efek cepat tidur pulas namun efeknya apabila dibarengi dengan mengkonsumsi obat flu yang berbasis alkohol bisa membahayakan kondisi tubuh anda.

8. Hati-hati mengkonsumsi obat flu
Tidak semua obat flu itu baik untuk kesehatan. Kadang kala bisa menimbulkan efek samping seperti gelisah dan naiknya detakan jantung. Zat dekongestan pseudoephedrine adalah salah satu zat penyebab efek samping dalam obat-obatan flu. Sebagian obat malah ampuh ketika dikonsumsi dalam dosis tinggi, hal ini sangat tidak di anjurkan.

Baca Juga  : Beberapa Jenis Gangguan Tidur

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes