Thursday, January 17, 2013

Jantung Koroner Dan Hipertensi Memicu Kematian



hipertensi penyebab jantung koroner
Jantung Koroner adalah penyakit yang diakibatkan salah satunya adalah penyakit  hipertensi. Hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi, sehingga jantung akan terganggu fungsinya karena tekaknan darah didalam tubuh yang deras atau tinggi. Jika hal itu terus dibiarkan, maka otot jantung akan rusak dan jantung tidak dapat bekerja dengan baik, dikarenakan otot jantung yang harusnya membawa beban yang normal, harus membawa beban berat karena tekanan darah tinggi. Artinya jantung tersebut sudah sakit, jika sakit jantung itu terus menerus dibiarkan maka jantung akan mengalami serangan penyakit jantung mendadak.


Penyebab Kematian Tertinggi  diDunia!



Hipertensi yang berkepanjangan menyebabkan gangguan pembuluh darah di seluruh organ tubuh manusia. Angka kematian yang tinggi pada penderita darah tinggi terutama disebabkan oleh gangguan jantung.

1. Organ Jantung 


Kompensasi jantung terhadap kerja yang keras akibat hipertensi berupa penebalan  otot jantung kiri. Kondisi ini akan memperkecil rongga jantung untuk memompa, sehingga jantung akan semakin membutuhkan energi yang besar. Kondisi ini disertai dengan adanya gangguan pembuluh darah jantung sendiri (koroner) akan menimbulkan kekurangan oksigen dari otot jantung dan menyebabkan nyeri. Apabila kondisi dibiarkan terus menerus akan menyebabkan kegagalan jantung untuk memompa dan menimbulkan kematian. 

jantung koroner penyebab tertinggi kematian
2. Sistem Saraf


Gangguan dari sistem saraf terjadi pada sistem retina (mata bagian dalam) dan sistem saraf pusat (otak). Didalam retina terdapat pembuluh-pembuluh darah tipis yang akan melebar saat terjadi hipertensi, dan memungkinkan terjadi pecah pembuluh darah yang akan menyebabkan gangguan penglihatan.
 

3. Sistem Ginjal

Hipertensi yang berkepanjangan akan menyebabkan kerusakan dari pembuluh darah ginjal, sehingga fungsi ginjal sebagai pembuang zat-zat racun bagi tubuh tidak berfungsi dengan baik, akibatnya terjadi penumpukan zat yang berbahaya bagi tubuh yang dapat merusak organ tubuh lain terutama otak. 


Penyakit jantung dan hipertensi tidaklah dapat disepelekan seperti penyakit biasa, angaka kematian penyebab penyakit ini sudah terlalu tinggi, untuk itu jagalah diri anda dengan berolah raga, makan makanan sehat, diet, hindari stres dll, untuk menghindari dan mencegah jantung koroner.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes