Sunday, November 11, 2012

Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah penyakit yang sering di alami oleh banyak orang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena virus, batuk kronis, infeksi bakteri atau terjadi iritasi pada tenggorokan akibat debu, asap, pasta gigi dan lain-lain. Penderita biasanya mengalami rasa sakit yang menjengkelkan disertai batuk atau pun flu. Penanganan yang tepat dan benar bisa mempercepat proses penyembuhan.

Untuk anda yang kebetulan mungkin sedang menderita sakit tenggorokan, jangan khawatir jika belum sempat berobat ada baiknya mencoba dulu tips tentang mengobati sakit tenggorokan secara alami sebelum membeli obat toko atau pergi ke dokter. Selain untuk menghemat biaya juga karena cara pengobatan alami masih terbukti ampuh mengatasi sakit tenggorokan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda coba di rumah :

Berkumur dengan kunyit dan garam
Campurkan 1/4 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Minum kemudian rasakan hangatnya.

Minum Jus lemon tanpa gula
Peras lemon dan kemudian campurkan hingga 2 sendok makan perasaan air lemon dengan segelas air hangat. Minum 2-3 kali sehari dalam keadaan perut kosong.


Hindari gula buatan dan makanan olahan
Bagi penderita sakit tenggorokan hindari gula buatan karena bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memperparah penyakit. Hindari juga mengkonsumsi makanan olahan mengandung karbohidrat olahan, lemak trans, bahan tambahan yang berbahaya bagi kesehatan. Karena bisa menghambat proses penyembuhan.

Oleskan minyak kelapa
Minyak kelapa bisa membunuh semua jenis organisme patogen karena merupakan antimikroba alami. Jika di oleskan ke tubuh kemudian pijat bisa mengurangi rasa sakit.

Konsumsi Sayuran dan Lemon
Untuk mempercepat proses penyembuhan anda bisa sambil mengkonsumsi sayur-sayuran karena sayuran bisa menjadi zat kekebalan utnuk melawan penyakit. Sambil mengkonsumsi lemon tapi tanpa gula untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan anda.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes