Thursday, November 22, 2012

Cara Menguruskan Badan Secara Alami

Cara menguruskan badan adalah sesuatu yang di impi-impikan khususnya bagi orang yang memiliki berat badan abnormal. Caranya memang tidak mudah, bahkan demi memiliki badan yang di impi-impikan sebagian orang rela melakukan berbagai tips diet dari yang biasa-biasa saja sampai ke yang ekstrim.

Beberapa kasus ditemukan bahwa dalam menjalankan program diet nya beberapa orang cenderung menghindari makanan tertentu dan menggantinya dengan yang lain. Cara ini tentu saja bukan cara yang sehat dan malah bisa mengganggu kesehatan tubuh kita.

Betapa pun anda menghindari jenis makanan tertentu tetap saja tubuh membutuhkan jenis makanan tersebut. Misalkan dalam program diet anda, dilarang memakan makanan yang berlemak seperti daging, susu, keju, dan lain-lan.Sebab dalam jumlah tertentu tetap saja tubuh membutuhkan untuk menjaga keseimbangan tubuh yang berguna untuk kebugaran tubuh kita.

Berikut adalah beberapa tips menguruskan badan secara alami :

1. Tidak perlu menghindari makanan tertentu dan mengganti dengan yang lain.
Dalam melakukan program diet, anda tidak harus secara total menghindari golongan makanan tertentu dan menggantinya dengan yang lain. Sebab bagaimana pun juga tubuh kita membutuhkan berbagai nutrisi. Nutrisi seperti lemak, karbohidrat, protein dan lain-lain sangat dibutuhkan bagi tubuh. Apabila alah satu tidak terpenuhi maka akan terjadi ketidakseimbangan tubuh yang akan mengganggu kesehatan.

2. Perhatikan kebutuhan protein untuk Tubuh.
Tubuh manusia setiap hari selalu memerlukan 30 gram protein yang dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsi berbagai jenis daging, susu serta sumber-sumber protein makanan yang lain. Peran protein bagi tubuh sangatlah besar.

3. Jangan berusaha menghindari jenis makanan.
Banayak gosip yang beredar bahwa untuk menurunkan berat badan maka harus menghindari jenis makanan tertentu misalnya daging. Cara demikian tentu saja keliru. Tubuh kita setidaknya membutuhkan 50 gram lemak dalam satu harinya. Sehingga dalam keadaan apapun nutrisi ini harus terpenuhi. Jalan terbaik adalah menggantinya dengan lemak nabati seperti  gandum, kacang-kacangan dan minyak zaitun.

4. Konsumsi air putih.
Selalu perbanyak mengkonsumsi air putih, pastikan sedikitnya menghabiskan 8 gelas setiap harinya.

5. Lakukan gaya hidup sehat setiap hari.
Gaya hidup sehat tentu saja diperlukan, kita harus bisa memilih dan memilah nutrisi mana yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah tertentu. Hindari makan yang terlalu kenyang dan menmghindari cemilan yang terlalu banyak mengandung lemak dan glukosa dan menggantinya dengan mengkonsumsi buah-buahan segar.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes