Sunday, November 25, 2012

Khasiat dan Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan - Teh adalah salah satu minuman populer di seluruh dunia. Ada berbagai macam jenis teh seperti teh hitam, teh hijau dan teh polong. Yang biasa kita konsumsi sehari-hari adalah teh hijau. Teh hijau memiliki berbagai macam khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu sebagai zat antioksidan dan bisa mengatasi berbagai penyakit seperti kanker, Tumor, dan diabetes.

Namun mengkonsumsi teh secara berlebihan juga tidak baik. Teh mengandung kafein yang jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menghambat proses penyerapan makanan dalam tubuh. Jadi anda harus membatasi konsumsi teh sehari maksimal 750 mg atau paling banyak 5 cangkir teh, lebih dari itu tidak baik untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat teh hijau bagi kesehatan.

1. Mengurangi resiko penyakit kanker
Teh mengandung zat antioksidan yang dapat memperlambat sel-sel kanker seperti kanker paru-paru, kanker prostat maupun kanker payudara. Dengan mengkonsumsi teh minimal secangkir perhari dapat mengurangi resiko kanker 5 kali lebih rendah terserang penyakit ini.

2. Mengatasi Tumor
Selain mengurangi resiko penyakit kanker, teh hijau juga dapat mengatasi penyakit tumor. Senyawa flavonoid yang terkandung dalam teh hijau bisa mengurangi dan mengecilkan ukuran tumor. Bahkan ada yang ukuran tumornya mengecil kemudian hilang karena rajin mengkonsumsi teh hijau ini.

3. Mencegah diabetes
Mengkonsumsi teh secara teratur setiap hari juga bisa membantu mencegah penyakit diabetes. Namun yang diperhatikan adalah jangan terlalu banyak menambahkan secara berlebihan zat gula, karena ini justru dapat memacu diabetes.

4. Kesehatan Gigi
Teh hijau mengandung sebuah zat polifenol yang dapat membunuh dan menekan pertumbuhan bakteri dalam mulut yang bisa menyebabkan plak dalam gigi.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat teh hijau bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes