Wednesday, November 21, 2012

Olahraga Untuk Orang Sibuk Hanya '2 menit'

Olahraga Untuk Orang Sibuk Hanya '2 menit' - Olahraga adalah suatu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh agar selalu fit dan sehat. Namun adakalanya karena kesibukan kerja, berolahraga adalah suatu hal yang sulit dilakukan alasannya adalah karena tidak ada waktu yang memungkinkan untuk berolahraga. Namun tak usah khawatir sekarang sudah ditemukan solusinya.

Sebuah penelitian dilakukan bahwa dengan berlari secara instensif selama 2,5 menit memiliki manfaat yang sama dengan berolahraga selama 1,5 jam. Berlari instensif ini dilakukan dengan cara berlari sprint (secepat mungkin) selama 30 detik kemudian beristorahat dan dilakukan kembali selama 4 kali. Penelitian ini dilakukan oleh Sturat Gray, seorang peneliti dari Universitas Aberdeen.

Gray mengatakan bahwa olahraga seperti ini bisa lebih cepat menekan tingkat kadar lemak daripada olahraga biasa selama 30 menit. Berdasarkan pada penelitian yang melibatkan banyak orang dimana peserta ditugaskan agar mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging, keju, roti, mayones, dan lain-lain.

Keesokan harinya peserta dilakukan pengecekan pada tingkat gula darah dalam tubuh, dan hasilnya sangat mengejutkan yaitu kadar lemak darah para peserta mengalami penurunan hingga 33 persen. Tingkat penurunan ini setara dengan hasil berlari selama 90 menit atau 1,5 jam.

Gray mengatakan bahwa olahraga ini memang bukan untuk meningkatkan kekuatan namun sangat efektif untuk menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Terutama sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

"Kami menemukan bahwa olahraga singkat dengan intensitas yang tinggi bisa menjadi metode yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan dan menyingkat waktu untuk berolahraga." ujar Gray seperti dikutip dari Medical Daily.

Demikian artikel tentang Olahraga Untuk Orang Sibuk Hanya '2 menit'. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes