Friday, November 2, 2012

Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Cara alami menurnkan tekanan darah tinggi sebelum terlambat, cara alami menurunkan tekanan darah tinggi dengan melakukan hal-hal mudah dan sederhana yang dapat membantu anda menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan melakukan beberapa kebiasaan baik yang dapat anda lakukan secara rutin yang mampu dan memberikan manfaat bagi kesehatan anda terutama dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi yang disebabkan dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya ternyata dapat anda lakukan pencegahan agar tekanan darah tinggi tidak berakibat fatal dikemudian hari. Faktor pemicu munculnya tekanan darah tinggi yang beragam sekali tentunya menjadi sulit bagi anda untuk mencegah bahkan menghindari penyakit tekanan darah tinggi ini.

Dalam melakukan cara menurunkan tekanan darah tinggi berikut ini terdapat beberapa langkah mudah yang harus anda biasakan dalam kehidupan anda sehari-hari.

Lakukanlah olahraga secara teratur, mulailah mengatur jadwal rutin untuk berolah raga. Tidak perlu berlama-lama berolah raga, cukup 30 menit setiap hari dengan melakukan olahraga ringan ternyata mampu memberikan anda manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk jenis olahraga yang dapat anda lakukan secara rutin inipun bukanlah jenis olahraga berat. Cukup dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki misalnya, asalkan dilakukan secara rutin tentunya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan juga dapat mengatur tekanan darah tinggi anda menjadi normal.

Konsumsi pisang juga dapat anda lakukan sebagai cara alami menurunkan tekanan darah tinggi anda. Tingginya kadar garam pada darah dapat memicu tekanan darah menjadi tinggi, kalium yang terdapat pada pisang ini mampu mengurangi efek jahat dari natrium dalam darah.

Sebaiknya anda mengurangi konsumsi garam dikehidupan anda, hambar memang jika masakan atau menu yang anda santap memiliki rasa kurang garam. Namun sebagai langkah awal yang dapat anda lakukan sebagai cara alami menurunkan tekanan darah tinggi ini salah satunya adalah dengan menguramngi konsumsi garam pada makanan anda.

Bagi anda yang perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini sebelum terlambat. Kadar nikotin entah itu tinggi maupun rendah ternyata mampu menimbulkan tekanan darah menjadi tinggi bahkan dapat memicu hipertensi kronis bagi perokok.

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih atau berat badan yang kurang ideal atau terlalu gemuk, sebaiknya lakukan diet untuk mengontrol berat badan anda. Dengan memiliki berat badan berlebih tentunya memicu jantung bekerja atau memompa darah lebih cepat lagi. 

Hindari minuman beralkohol untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Walaupun ada yang berpendapat bahwa konsumsi alkohol itu baik bagi kesehatan jika tidak berlebihan, sebaiknya hindari minum minuman beralkohol ini. Hal baik yang terdapat dari alkohol memiliki jumlah yang sedikit disanping dampak buruk bagi kesehatan anda.

Hindari stress dikehidupan sehari-hari anda, kelola waktu kerja anda sedemikian rupa agar terhindar dari beban pekerjaan yang dapat memicu stress. Kondisi stress memicu kerja jantung lebih cepat dari keadaan biasanya, hal ini tentunya memicu munculnya tekanan darah tinggi. Gunakanlah waktu kerja anda dengan sebaik mungkin, sempatkanlah tubuh dan otak merasakan rileks walaupun beberapa saat agar dapat mengontrol tekanan darah anda.

Yoga maupun meditasi dapat juga anda lakukan sebagai cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bentuk paling baik untuk menghindari anda dari beban stress ini adalah dengan merilekskan tubuh anda dengan melalui yoga ataupun meditasi.

Bagi anda penikmat kopi sebaiknya kurangi konsumsi kopi anda untuk menjaga tingginya tekanan darah. Kadar kafein yang terdapat pada kopi menjadikan tekanan darah anda melonjak tinggi. 

Demikanlah cara alami menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat anda coba lakukan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Disamping hal tersebut diatas masih terdapat bentuk pencegahan maupun pengobatan dengan menggunakan bahan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi ini. selain itu juga anda dapat mengontrol tekanan darah tinggi melalui konsumsi buah dan sayur yang bermanfaat bagi kesehatan dan berguna untuk mnegontrol tekanan darah tinggi anda. Hindari tekanan darah tinggi sejak dini agar terhindar dari berbagai macam masalah penyakit seperti penyakit stroke yang menyebabkan kematian.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes