Monday, November 19, 2012

Manfaat Pisang bagi Kesehatan

Manfaat Pisang bagi Kesehatan - Pisang adalah buah yang sering kita jumpai di tempat sekitar. Buah ini biasa dijadikan sebagai makanan cuci mulut sesudah selesai makan. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam varietas jenis pisang mulai dari pisang yang berukuran kecil sampai yang besar dan panjang.

Tidak banyak orang yang tahu akan manfaat dari buah berwarna kuning satu ini. Selain sifatnya yang mengenyangkan, buah pisang juga memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Rasanya juga tidak terlalu manis seperti buah lain seperti jeruk dan apel. Namun buah ini juga biasa dibuat sebagai makanan cemilan seperti keripik pisang, sale, dan bisa juga disantap langsung.

Berikut adalah beberapa manfaat pisang bagi kesehatan :

Memperlancar peredaran darah
Pisang mengandung zat kalium dan potasium yang berguna memperlancar peredaran darah dan sirkulasi oksigen dari tubuh ke otak. Selain itu senyawa kalium juga bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke dan tekanan darah tinggi.

Memperlancar saluran pencernaan
Pisang juga berkhasiat memperlancar saluran cerna, kandungan serat yang cukup tinggi dari buah yang satu ini sangat baik untuk kesehatansaluran cerna. Selain itu juga bisa memperlancar BAB atau sembelit.

Sumber tenaga
Sifat pisang yang mengenyangkan adalah salah satu perbedaan pisang dengan buah lainnya. Tidak lain dan tidak bukan adalah karena kandungan karbohidrat yang terdapat dalam pisang adalah sebagai sumber energi. Cocok sebagai alternatif makanan bagi yang ingin membutuhkan banyak energi.

Mengurangi rasa nyeri haid
Kandungan vitamin B6 yang tinggi berkhasiat mengurangi rasa nyeri pada saat haid. Untuk kaum hawa, anda bisa mengkonsumsi buah ini secara teratur untuk mencegah rasa nyeri pada saat haid.

Demikian artikel tentang Manfaat Pisang bagi Kesehatan. Semoga bisa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes