Thursday, November 29, 2012

Khasiat dan Manfaat Air Kelapa

Khasiat dan Manfaat Air Kelapa - Kelapa adalah salah satu tumbuhan yang tumbuh subur di negara kita. Tumbuhan yang sering disebut-sebut sebagai tumbuhan serba guna ini ternyata memiliki buah yang enak, salah satunya adalah air kelapa yang terdapat dalam buah kelapa. Selain segar, air kelapa ternyata memiliki beberapa khasiat dan manfaat.

Air kelapa sangat pas diminum ketika sedang dahaga, rasa segar dan nikmat dari air kelapa ini menjadikan air kelapa menjadi minuman favorit sebagian orang. Di tempat-tempat tertentu seperti di pinggiran jalan banyak terdapat orang yang berjualan es kelapa muda yang menyajikan air kelapa segar serta buah yang nikmat.

Air kelapa yang berkhasiat sebagai penghilang dahaga tersebut adalah tidak lain dan tidak bukan karena kandungan elektrolit yang terdapat di dalamnya. Bahkan ada salah satu produk miuman penyegar tubuh yang memanfaatkan air kelapa sebagai bahan bakunya.

Berikut adalah beberapa khasiat dan manfaat dari Air Kelapa :

1. Penghilang dahaga
Kandungan elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium dalam air kelapa ini bisa menjadi pelepas dahaga. Beberapa ahli menyebutnya sebagai minuman isotonik.

2. Menurunkan berat badan
Air kelapa segar dalam satu buah kelapa berkhasiat juga menurunkan berat badan karena air kelapa mengandung kalori dan lemak yang rendah. Bagi anda yang sedang melakukan program diet, bisa melakukan 5-6 kali minum air kelapa untuk mempercepat proses penurunan berat badan.

3. Melancarkan sistem pencernaan
Air kelapa sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan. Kandungan asam laurat dalam air kelapa bisa mengatasi gangguan saluran pencernaan. Selain itu air kelapa memberikan efek dingin pada saluran cerna sehingga ini bisa mencegah peradangan pada lambung.

4. Membersihkan racun dalam tubuh
Air kelapa mengandung enzim bioaktif  yang dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Selain itu juga bisa membersihkan racun dalam saluran pencernaan.

5. Mencegah kerontokan rambut
Air kelapa juga berfungsi sebagai pencegah kerontokan, Bagi sebagian orang ada juga yang menyiramkan air kelapa ke rambut untuk menyuburkan rambutnya.

6. Mengatasi susah buang air kecil
Air kelapa juga bisa mengatasi susah buang air kecil karena berkhasiat membersihkan saluran kemih.

7. Mengatasi mual dan muntah
Bisa juga digunakan sebagai obat untuk mengatasi mual dan muntah termasuk muntah-muntah karena mabuk karena mengkonsumsi pil tertentu atau mabuk dalam perjalanan.

Secara umum, air kelapa mengandung 4,7 persen total padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Komposisi gizi yang demikian bagus menyebabkan air kelapa dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco.

Demikian artikel tentang Khasiat dan Manfaat Air Kelapa. Semoga bisa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes