Friday, November 9, 2012

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut kadang menjadi sebuah hal yang menjengkelkan. Karenanya kita menjadi kurang pede dan tidak percaya diri. Apalagi ketika kita sedang berada dalam sebuah acara yang menuntut kita agar selalu berbicara. Ini tentunya akan menjadi sebuah hal yang memalukan bagi kita. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah cara atau perawatan agar mulut kita selalu fresh dan terjaga.

Bau mulut disebabkan oleh bakteri yang ada di dalam mulut. Bakteri ini berasal dari makanan yang kita makan yang kemudian terkumpul di dalam mulut. Oleh karena itu apabila kita jarang menggosok gigi akan muncul bau kurang sedap dari mulut.

Selain itu bisa juga disebabkan karena mengkonsumsi minuman ber-alkohol, merokok, atau mengkonsumsi makanan tertentu seperti jengkol, pete, bawang putih,dan bawang yang mengandung minyak pedas. Orang yang mengkonsumsi makanan di atas biasanya lebih rentan mengalami masalah bau mulut di bandingkan orang lain yang tidak mengkonsumsinya.

Penyebab lain adalah gigi berlubang. Gigi berlubang kadang meninggalkan sisa-sisa makanan yang telah kita makan. Untuk itu jika anda termasuk seorang yang memiliki masalah dengan gigi berlubang diperlukan perawatan yang ekstra untuk selalu menjaga agar mulut fresh.

Bau mulut juga terjadi karena kondisi mulut yang kering. Mulut yang kering bisa memicu bakteri penyebab bau mulut.

Berikut adalah tips menghilangkan bau mulut secara alami :

1. Bersihkan gigi dan lidah setelah makan.
Membersihkan gigi dan lidah ini sangat dianjurkan untuk menanggulangi membusuknya sisa makanan tersebut. Biasakanlah untuk selalu membersihkan gigi dan lidah dengan berkumur. Apabila ada sisa makanan yang tertinggal bersihkan dengan tusuk gigi khusus.

2. Sikat gigi secara teratur.
Untuk menjaga mulut anda dari bau tidak sedap biasakanlah untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari secara teratur. Waktu yang dianjurkan adalah pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur. Ini dilakukan untuk menjaga tertinggalnya sisa makanan yang bisa mengundang bakteri penyebab bau mulut.

3. Menjaga mulut agar selalu basah.
Mulut kering bisa menyebabkan masalah bau mulut karena asupan air liur dalam mulut otomatis berkurang. Mulut yang kering ini selanjutnya akan memicu bakteri penyebab bau mulut. Oleh karena itu jagalah agar kondisi mulut anda selalu basah. Diantaranya adalah dengan memperbanyak minum air putih.

Itulah beberapa tips menghilangkan bau mulut secara alami.
Semoga tips di atas bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes