Friday, November 23, 2012

Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Manfaat Jahe bagi Kesehatan - Jahe adalah salah satu tumbuhan yang tidak asing lagi didengar. Jahe hidup subur dan banyak tersebar di seluruh daerah di tanah air. Tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai penambah bumbu pada masakan atau pun sebagai pembuat minuman hangat seperti bandrek dan bajigur di Jawa Barat.

Tanaman ini memang mempunyai rasa pedas ketika dimakan. Rasa pedas ini dikarenakan tumbuhan ini mempunyai kandungan zat keton (zingeron). Jahe dimanfaatkan pula sebagai obat tradisional masyarakat seperti ramuan penghilang pegal linu, dll bahkan beberapa perusahaan memanfaatkan tumbuhan ini sebagai bahan baku produk mereka seperti obat, makanan, dan minuman.

Apa saja manfaat Jahe bagi kesehatan? Mari kita bahas satu per satu :

Mengurangi rasa sakit otot
Mengkonsusi jahe secara teratur bisa mengurangi rasa pegal dan ngilu di otot sesudah melakukan aktivitas fisik yang cukup berat. Hal ini karena jahe mangandung senyawa inklamasi yang dapat membangun jaringan otot tubuh.

Meredakan Flu, batuk dan Sakit kepala
Jahe juga berkhasiat meredakan flu, batuk dan sakit kepala. Caranya dengan merebus jahe ke dalam air mendidih, sambil ditambah gula merah dan dikonsumsi 3-4 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan madu, dan lemon sebagai penyedapnya.

Mencegah perut buncit
Mengkonsumsi jahe secara teratur bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan. Dengan begitu bisa membakar kalori dalam tubuh dan mencegah terjadinya penumpukan lemak di perut atau biasa disebut perut buncit.

Mengatasi Jerawat
Mengkonsumsi jahe minimal 4 gram per hari bisa mencegah timbulnya jerawat, menghilangkan bintik-bintik hitam dan kulit kering. Namun jangan terlalu banyak juga karena bisa menimbulkan efek samping seperti diare, mules,mules dan iritas.

Menurunkan Darah Tinggi
Jahe juga berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, senyawa dalam jahe berfungsi memperlebar pembuluh darah dan merangsang hormon adrenalin. Oleh karena itu darah akan mengalir secara teratur.

Meredakan mabuk dalam perjalanan
Caranya dengan mengkonsumsi air jahe hangat atau wedang jahe ketika mabuk d perjalanan. Air jahe akan meningkatkan sirkulasi untuk membantu menghilangkan etanol dari tubuh.

Demikian informasi tentang beberapa Manfaat Jahe bagi Kesehatan. Semoga bisa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes