Saturday, March 2, 2013

9 Penyebab Penyakit Jantung

Kenali beberapa penyebab penyakit jantung yg bisa menyerang anda kapan saja

9 Penyebab Penyakit Jantung :: Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital. Bila jantung tidak bekerja secara maksimal, akan mengakibatkan aliran darah pada semua organ tubuh akan terganggu.

Penyakit jantung bisa muncul karena diakibatkan oleh pola hidup tidak sehat, sepeti kebiasaan merokok, minum alkohol, kurang berolah raga. Kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat menimbulkan gangguan pada tubuh sehingga berpengaruh terhadap kesehatan jantung itu sendiri.

Penyebab Penyakit Jantung

Dibawah ini adalah 5 faktor yang menyebabkan jantung tidak berfungsi dengan baik, antara lain :

1.Kadar gula darah tinggi (menderita diabetes).
Kadar gula darah tinggi bisa menimbulkan masalah pada jantung. Hal ini karena sirkulasi darah pada tubuh menjadi buruk sehingga dapat berpengaruh terhadap tekanan darah dan gangguan pada jantung.

2.Kelebihan kolesterol total dan LDL (low density lipoprotein) tinggi.
LDL ( Low Density Protein) berfungsi mengangkut kolesterol dari hati ke jaringan dengan menggabungkannya kedalam membran sel. LDL sering juga disebut kolesterol jahat, karena bila kadarnya terlalu tinggi, LDL berpotensi mengikat lemak dan membangun plak pada bagian dinding arteri sehingga dapat menyebabkan penyumbatan. Penyumbatan ini bisa menghambat aliran darah ke berbagai organ tubuh termasuk juga jantung dan otak. Sehingga menyebabkan serangan jantung serta srtoke.

3. Kadar kolesterol HDL rendah dalam tubuh/ darah.
HDL ( High Density Protein) berfungsi memindahkan kolesterol yang ada dalam sel hati yg kemudian dieliminasi dari tubuh. Selain itu Kolesterol ini juga dapat mencegah kolesterol mengendap di arteri serta mencegah pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis). Sifat lainnya yang sangat penting dari HDL yaitu dapat mengikat kolesterol LDL. Bila kolesterol HDL dalam tubuh rendah, maka akan mendorong naikknya kolesterol LDL dimana kolesterol ini sangat tidak baik untuk kesehatan jantung anda.

4. Menderita tekanan darah tinggi (hipertensi).
Tekanan darah tinggi atau kadang disebut juga hipertensi arteri merupakan satu kondisi medis kronis dimana tekanan darah di bagian arteri meningkat. Dengan peningkatan ini, membuat kerja jantung semakin keras dari biasanya dalam mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Jantung merupakan sebuah massa otot. Seperti massa otot lainnya, kerja keras itu akan membuat jantung membesar. Ventrikel bagian kiri akan menebal / mengeras. Tentu saja hal ini sangat tidak baik bagi jantung, Jantung anda akan melar dan sejumlah darah yg harusnya mengalir ke tubuh tetap berada dalam jantung. Kondisi ini akan membuat jantung melemah dikarenakan tidak bisa secara terus menerus bekerja keras memompa darah. Ketika jantung dalam kondisi tidak bisa memompa darah secara sempurna ke pembuluh-pembuluh  arteri. Anda akan mengalami penyakit yang disebut gagal jantung atau payah jantung.

5. Mengalami kegemukan (obesitas).
Kegemukan Sangat berpotensi menimbulkan gangguan pada jantung, dikarenakan beban kerja jantung semakin tinggi dalam memompa darah ke seluruh jaringan tubuh. Bila kemampuan kerja jantung terlampaui, bisa menimbulkan gangguan yang disebut gagal jantung.

Orang dengan berat badan berlebih juga berpotensi menderita tekanan darah tinggi. Munculnya tekanan darah tinggi disebabkan adanya penyempitan pembuluh darah akibat timbunan lemak. Menyempitnya pembuluh darah tentu saja tidak baik juga bagi jantung karena kerja jantung semakin keras dalam memopa darah.

6. Mereka para pencandu rokok.
Para pecandu rokok memiliki resiko cukup tinggi terserang penyakit jantung. Kebiasaan merokok dapat menurunkan kolesterol HDL dalam tubuh. Dimana fungsi kolesterol HDL ini membantu tubuh dalam menurunkan koleterol LDL. Dengan semakin menurunnya koleterol HDL akan mendorong peningkatan kolesterol LDL yang bersifat negatif bagi kerja jantung anda.

7. Stress.
Kondisi stress sebenarnya tidak berakibat buruk secara langsung terhadap kesehatan jantung. Tapi cara yang dilakukan dalam menghilangkan stress oleh sebagian orang ternyata dapat berakibat buruk terhadap jantung, seperti merokok, minum minuman beralkohol terlalu banyak, serta makan secara berlebihan.

8. Tubuh kurang berolah raga.
Olah raga sangat baik dalam menaikkan kadar koleterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL, menurunkan kerja otot jantung dan keperluan akan oksigen, menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah kejantung dan banyak lagi manfaat lainnya yang kesemuanya itu tentu akan berakibat sangat baik untuk kesehatan jantung.

Dengan tubuh kurang olah raga, tentu manfaat tersebut tidak didapatkan oleh jantung kita.

9. Adanya keturunan penyakit jantung dalam keluarga (penyakit jantung bawaan).
Penyakit jantung bawaan (congenital heart disease) merupakan suatu kelainan formasi dari jantung atau pembuluh besar dekat jantung. "congenital" hanya berbicara tentang waktu tapi bukan penyebabnya. Itu artinya "lahir dengan" atau "hadir pada kelahiran".

Demikian ulasan mengenai 9 penyebab penyakit jantung untuk anda ketahui, semoga artikel kali ini dapat memberikan sedikit manfaat bagi anda semua.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes