Tuesday, March 5, 2013

Cara mencegah asam lambung naik


Cara mencegah asam lambung naik melalui langkah mudah dan sederhana dikeseharian anda, cara mencegah asam lambung naik tentunya perlu anda lakukan agar maag tidak menyiksa anda. Dengan melakukan beberapa cara mudah yang dapat anda jadikan kebiasaan baik ini ternyata mampu mencegah asam lambung naik. Naiknya asam lambung bisa saja disebabkan karena telat makan disamping itu mengkonsumsi jenis makanan ternetu juga dapat memicu asam lambung naik dengan cepat.

Naiknya asam lambung tentunya menyebabkan rasa nyeri pada bagian lambung yang dimana hal ini menimbulkan kambuhnya penyakit maag. Dengan rasa nyeri pada bagian lambung dikarenakan naiknya asam lambung tentunya membuat kita merasa tidak nyaman terkadang dengan naiknya asam lambung ini dapat pula menimbulkan gejala lain seperti mual.

Selain mencegah naiknya asam pada lambung dengan mengatur waktu makan yang baik atau membiasakan tidak telat makan. Anda juga dapat mencegah asam lambung naik dengan menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Disamping itu pula terdapat beberapa cara mudah agar asam lambung tidak naik seperti;

Membiasakan diri memposisikan badan agar tidak miring atau menyamping, posisi tidur yang menyamping tentunya menyebabkan tekanan disalah satu bagian tubuh. Hal inilah yang dapat menaikan asam pada lambung naik dengan cepat, hindari posisi miring bahkan telungkup ketika tidur merupakan cara mencegah asam lambung naik yang mudah dilakukan.

Disaat makan sebaiknya makanlah dalam bentuk potongan kecil, dengan memakan makanan dalam potongan kecil tentunya mempermudah kerja lambung sehingga lambung tidak memproduksi asam yang lebih banyak lagi ketika ada makanan yang masuk pada area lambung. Dimana potongan kecil lebih sedikit membutuhkan asam lambung untuk dicerna dibandingkan makanan dengan potongan yang lebih besar. Atau anda dapat mengunyah makanan menjadi lebih lama hingga benar-benar halus benar sebelum anda menelannya.

Mengunyah permen karet juga dapat dilakukan sebagai cara mencegah asam lambung naik, dimana ketika kita mengunyah permen karet air liur yang keluar lebih banyak lagi dari biasanya. Air liur itu sendiri memiliki peranan penting dalam menekan dan menetralisir asam lambung.

Kunyit, minum air kunyit dapat pula dijadikan sebagai salah satu cara untuk mencegah asam lambung naik. Kunyit yang diminum secara rutin akan membantu memperkuat dinding lambung sehingga rasa nyeri yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung akan terlapisi oleh air kunyit yang telah diminum tadi.

Biasaknlah berdiri dengan tegak, dengan posisi berdiri tegak tentunya lambung tidak mengalami tekanan terhadap posisi tubuh. Hilangkanlah kebiasaan tidur atau berbaring setelah makan sebelum makanan benar-benar terserap oleh lambung. 

Cara mencegah asam lambung dengan beberapa cara diatas tentunya dapat anda biasakan setiap hari untuk mencegah kambuhnya penyakit maag anda.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes