Monday, March 11, 2013

Haruskah Anak-anak Minum Susu Sapi ?

Haruskah Anak-anak Minum Susu Sapi ?
Susu adalah salah satu minuman yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi. Selama ribuan tahun silam, susu telah menjadi salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang di dunia baik itu orang Timur Tengah, Eropa, dan Asia. Beberapa penelitian pun menunjukan bahwa susu merupakan salah satu minuman sehat karena memiliki nutrisi penting bagi tubuh.

Banyak orang yang mungkin masih bertanya-tanya. Haruskah anak-anak minum susu sapi? Menurut situs frisianflag.com jawabannya adalah 'harus'. Berikut adalah beberapa alasan mengapa susu sapi itu penting bagi anak-anak :
  1. Susu bisa menjadi alternatif bagi keluarga anda yang jarang makan daging atau kebetulan si kecil sedang tidak suka sama daging. Seperti yang kita tahu bahwa daging memiliki beberapa nutrisi penting bagi tubuh seperti protein, lemak, dan juga vitamin dan mineral yang sangat diperlukan bagi tubuh.
  2. Susu dapat memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat membangun dan menguatkan tulang serta mencegah terjadinya penyakit tulang.
  3. Susu sangat bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan otak anak dan meningkatkan kinerja kognitif.
  4. Sangat berguna dalam mengurangi resiko malnutrisi protein dan mengurangi resiko gigi berlubang.
  5. Susu dapat meningkatkan kandungan mineral dalam tulang dan mengurangi resiko patah tulang yang lebih kecil. 
  6. Mengoptimalkan tinggi badan.
Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menghasilkan bahwa sekitar 25% anak pra sekolah yang mengkonsumsi susu, biasanya tubuhnya lebih tinggi sekitar 1 cm dari rekan-rekannya (Wiley, 2009). Berbagai penelitian lain juga menemukan bahwa mengkonsumsi susu erat kaitannya dengan hubungan pertumbuhan badan dan kecerdasan anak. Susu mengandung beberapa nutrisi penting bagi kesehatan diantaranya protein, lemak kaya asam lemak omega-3 dan omega-6, karbohidrat, vitamin, dan mineral, yang kesemuanya berfungsi sebagai antioksidan dan juga berperan penting dalam masa pertumbuhan.

Susu yang beredar di pasaran terbagi dalam beberapa jenis diantaranya adalah susu pasteurisasi, susu UHT, dan susu bubuk. Namun dari sekian jenis susu tersebut seperti yang dikutip dari sebuah artikel dari majalah Inggris bahwa jenis susu mentah atau disebut dengan 'raw milk' (yaitu jenis susu yang berasal dari sekawanan sapi yang digembalakan dan diternakkan di padang rumput) memiliki kandungan berlimpah akan lemak mentega. Susu jenis inilah yang digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit kronis. (Crewe JR, 1929).

Sudahkah anda memberikan susu untuk anak-anak anda?

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes