Monday, March 11, 2013

Jenis Penyakit Ginjal Dan Cara Pengobatan

Jenis Penyakit Ginjal Dan Cara Pengobatan.


Penyakit Ginjal

Dibawah ini adalah jenis-jenis penyakit ginjal dan bagaimana cara pencegahannya:

Gagal Ginjal:

Suatu kondisi dimana ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya secara nPenyebab gagal ginjal adalah volume darah yang kurang, dehidrasi, obat obatan gangguan aliran darah, sistem imun berlebihan, kerusakan otot dan perandangan akut pada glomerulus. Gejalanya adalah mudah lelah, keperingan, dan lain lain.

Pencegahan:

Hati hati dalam mengkonsumsi obat obatan
Mengkonsumsi air putih yang cukup
Konsumsi makanan dengan teratur

Ginjal Terapung:

Penyakit ini adalakeadaan dimana ginjal dapat bergerak. Kadang kadang ginjal bergerak sedemikian rupa sehingga diraba melalui dinding perut. Gejala dari penyakitini adalah rasa nyakibat terganggunya peredaran darah, tersumbatnya saluran air seni, dan kadang kadang tidak tampak gejala apapun.

Kanker Ginjal:

Kanker ginjal adalah jenis penyakit ginjal yang terdapat pada ginjal atau Tubulus Renal Proksimal, Kanker terjadi akibat adanya kerusakan sel. Kerusakan sel itu sendiri disebabkan obanyak hal, dari obat obatan sampai dengan virus. Gejalanya adalah rasa nyeri pada bagian pinggang

Pencegahan:

Tidak merokok
Mengkonsumsi makanan yang higienis dan bergizi
Olahraga teratur

Diabetes Melitus

penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urineTerjadi karena kekurangan hormon insulin. Nefron tidak dapat menyerap kelebihan glukosa.

Pencegahan:

Mengkonsumsi kurang lebih 1500 kkal kalori sehari
Memperhatikan jenis dan gizi makanan
Mengatur jadwal makan

Diabetes Insipidus:

Suatu penyakit dengan sitoma poliura dan polipsa. Diatebetes insipidus dibagi menjadi dua. Pertama diabetes insipidus sentral yang disebabkan oleh defesiensi arpada hormon AVP. Yang kedua adalah diabetes insipidus nefrogenis yang disebabkan oleh kurang pekanya ginjal terhadap hormon dengan sifat anti - diuretik, seperti AVGejala pada penderitanya adalah gatal, mual, dan sebagainya.

Pencegahan:

Olahraga teratur
Tidur cukup dan hindari stress
Kurangi makanan manis dan yang mengandung garam garaman
Pola makan sehat

Nefritis:

Kerusakan bagian ginjal akibat alergi racun kuman. Disebabkan oleh bakteri . Gejalanya sangat bervariasi mulai dari demam, nanah pada air kemih, dan lain lain.

Hematuria:

Penyakit yang ditandai sel darah merah pada urine. Disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iriakibat gesekan batu ginjal. Gejalanya adalah berubahnya warna urin pada penderita.

Pencegahan:

Menjaga kesehatan
Meminum air putih 8 gelas sehari
Tidak terlalu sering mengikuti olahraga yang berat

Anuria:

Penyakit anuria adalah penyakit dimana penderitanya tidak dapat mengeluarkan air seni lebih dari 50 mililiter Anuria biasanya merupakan tanda dari gagal ginjal. Penyebab anuria adalah tidak lengkapnya preneral dalam produksi urine. Gejala penyakit ini adalah tidak dapat memproduksi urine lebih dari 100 mililiter dalam 24 jam.

Pencegahan:

Tidak menahan pembuangan air kemih terlalu lama
Meminum 8 Gelas air putih setiap hari

Polyuria:

Polyuria adalah penyadimana eksresi urine yang besar dalam periode tertentu. Penyebabnya adalah pada medula ginjal. Gejala penyakit ini adalah banyaknya melakukan eksresi.

Pencegahan:

Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan higienis
Olahraga teratur
Sering mengkonsumsi makanan yang bervitamin

Oliguria:

Keluaran urin kurang dari seharusnya pada penOliguria merupakan salah satu tanda dari gagal ginjal. Oluguria adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh fungsi ginjal menurungagal ginjal intrinsik dan gagal postrenal.Penyakit oliguria ditdengan eksresi urin kurang daro 1 ml / kg/ hari pada bayi, 0,5 ml / kg /jam pada anak dan 400 ml / hari pada orang dewasa.

Pencegahan:

Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan higienis
Olahraga teratur
Mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari

Albuminuria:

Penyakit yang ditandai dengan adanya molekul albumin dan protein lain dalam urine. Penyebabnya adalah kerusakan pada bagian glomerulus. Gejala pada penderitanya adalah pembengkakan berisi cairan.

Pencegahan:

Tidak mengkonsumsi hanya 1 zat gizi
Mengkonsumsi 8 gelas air putih

Batu Ginjal:

Batu ginjal terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kantung kemih. Penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengkonsumsi air. gejala penyakit ini adalahsulitnya eksresi pada penderitanya.

Pencegahan:

Tidak terlalu lama menahan pembuangan air kemih
Meminum air putih 8 gelas sehari
Sebelum tidur mengkonsumsi air putih terlebih dahulu.
Nah demikianlah artikel mengenai jenis-jenis penyakit ginjal dan cara pencegahan.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes